Find Us On Social Media :

Ditemukan, Ubur-ubur Misterius 'Berjemur' di Pantai Australia

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 26 Mei 2017 | 12:00 WIB

Ditemukan, Ubur-ubur Misterius 'Berjemur' di Pantai Australia

Intisari-Online.com - Seekor ubur-ubur raksasa misterius membuat heboh Tasmania, Australia. Sebuah keluarga yang sedang liburan di sebuah pantai di Hobart, Ibu Kota Tasmania, menemukan si ubur-ubur raksasa sedang “berjemur” di tepi laut. Beberapa ilmuan yang menyelidikinya menyebutnya sebagai “si besar yang menakjubkan”.

Lisa Gershwin, ilmuwan dari Commanwealth Scientific and Industrila Research Organization (CSIRO), mengatakan bahwa ubur-ubur ini pernah ada di masa lampau. Tapi yang membuatnya heran adalah ukurannya (dulu) tidak sebesar sekarang dan tidak satu pun yang pernah terdampar di pantai.

“Kami pernah tahu spesies ini, tapi belum terklasifikasi dan belum bernama,” kata Gershwin seperti dilansir AFP. Lisa menambahkan, bahwa ubur-ubur baru tersebut satu jenis dengan ubur-ubur surai singa yang merupakan salah satu spesies ubur-ubur terbesar di dunia. Ukuran ubur-ubur baru ini adalah 4 kaki 11 inci atau setara dengan 1,5 meter.

Meski memiliki ukuran yang sangat besar, Gershwin mengingatkan, ubur-ubur jenis ini tidak menyengat sehingga amat bagi siapa pun yang dekat dengannya.

Saat ini, para ilmuan dari CSIRO merasa sudah memiliki cukup data untuk melakukan observasi dan klasifikasi terhadap si ubur-ubur misterius. Termasuk juga memberinya nama. Meski demikian, ada satu kendala bagi para peneliti, yaitu data mengenai bagaimana cara makan, berkembang biak, dan di mana habitatnya.

“Binatang ini cukup besar dan kami tidak tahu apa-apa tentangnya. Hal ini menunjukkan bagaimana kami harus belajar lebih tentang laut dan biotanya,” ujar Gershwin.

Ubur-ubur misterius ini ditemukan oleh keluarga Lim saat liburan di pantai selatan Hobart, Ibu Kota Tasmania. Yang masih menjadi rahasia lain adalah, pantai selatan Tasmania bukanlah terotori sejati ubur-ubur.