Find Us On Social Media :

Bulan Purnama Mempengaruhi Pola Tidur

By Ulfa Karina, Jumat, 1 Agustus 2014 | 14:00 WIB

Bulan Purnama Mempengaruhi Pola Tidur

Intisari-online.com- Kita sering mendengar bahwa saat bulan purnama kita akan lebih lama terjaga dan sulit tidur. Beberapa penelitian berusaha menjelaskan tentang bulan purnama mempengaruhi tidur ini.

Penelitian menemukan bahwa orang hanya tidur selama 20 hingga 25 menit saja ketika bulan purnama datang dibandingkan dengan ketika bulan hanya muncul seperempat atau setengah. Para peneliti juga mengatakan bahwa orang-orang memiliki kesulitan tidur ketika bulan purnama.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, para peneliti menekankan bahwa penelitian ini harus dikonfirmasi lebih lanjut apakah ada hubungan antara fase bulan dan durasi tidur seseorang. “Bisa jadi kita telah membangun jam lunar biologis sama dengan jam sirkadian yang mengatur ritme kita sehari-hari,” kata peneliti Michael Smith dari University of Gothenburg, Swedia.

(Baca Juga : Menyibak Misteri Berdirinya Stonehenge )

Dalam sebuah penelitian para ilmuwan melihat data tidur dari 47 orang dengan usia 18 sampai 30 tahun. Data yang dikumpulkan secara terpisah menganalisis bagaimana kebisingan bisa mengganggu tidur. Data lainnya menganalisis peserta yang diharuskan tidur di dalam laboratorium dirancang khusus seperti apartemen dengan lampu yang menyala. Penelitian ini mirip dengan penelitian tentang hubungan pola tidur dan bulan purnama. Dalam penelitian tersebut orang membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur, sama seperti tidur saat bulan purnama dibandingkan dengan fase bulan lainnya.

(Baca Juga : 5 Fakta Unik Tentang Tidur)

Penelitian lain menunjukkan ternyata tidak ada korelasi antara tidur dengan fase bulan. Yang perlu dilakukan adalah uji coba lebih lanjut untuk membuktikan bahwa ada hubungan antara siklus bulan dengan pola tidur seseorang.(Livescience)