Find Us On Social Media :

Sumber Vitamin D Selain Susu

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 24 September 2011 | 08:00 WIB

Sumber Vitamin D Selain Susu

Intisari-Online.com – Jangan pernah mengabaikan asupan vitamin D. Fungsi vitamin D ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan tulang, tapi juga berfungsi melindungi tubuh dari flu dan bisa mencegah depresi.

Jadi vitamin D bukan hanya memberikan dampak positif kondisi fisik saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Menurut Health.com, jika memang tidak menyukai minum susu, cobalah mengganti asupan vitamin D dengan makanan berikut ini.

Lemak ikan

Untuk memenuhi asupan vitamin D, cobalah makan ikan yang berlemak, seperti salmon, makarel, tuna, dan belut. 85 g fillet ikan salmon mengandung sekitar 450 IU Vitamin D. Rekomendasi asupan vitamin D per harinya sebesar 600 IU. Keuntungan lain dari konsumsi lemak ikan ini hati (liver) Anda juga sehat karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Jamur

Jamur juga dapat memproduksi vitamin D bila terkena sinar matahari. Beberapa jenis jamur sengaja dikembangbiakkan di bawah sinar matahari untuk merangsang produksi vitamin D. Untuk mengetahuinya, And abisa membeli jamur dalam kemasan. Biasanya ada informasi tentang nilai gizinya.

Jus jeruk yang difortifikasi

Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dengan jus jeruk yang difortifikasi. Jus ini telah ditambahkan nutrisi di dalamnya, termasuk vitamin D. Biasanya, sekitar delapan gelas jus jeruk mengandung sekitar 100 IU vitamin D. Tentu saja tergantung pada merek, cobalah untuk selalu melihat informasi gizi dalam kemasannya.

Kuning telur

Cara termudah untuk mendapatkan vitamin D adalah makan telur. Sumber vitamin D pada kuning telur sebesar 40 IU.

Ternyata, ada banyak cara untuk menggantikan makanan yang tidak disukai, namun tetap terpenuhi nutrisinya.