Find Us On Social Media :

Makanan Yang Mengandung Kalium

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 3 November 2011 | 14:00 WIB

Makanan Yang Mengandung Kalium

Intisari-Online.com – Kalium adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh Anda tetap berenergi. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium juga dapat menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, peningkatan kalium membantu ginjal mengeluarkan garam dan air dari dalam tubuh sehingga membantu  menurunkan tekanan darah dan tentunya menurunkan risiko terjadinya stroke.

Sejauh ini kita bisa mendapatkan kalium dengan mengonsumsi pisang yang mengandung 435 mg per 100 gramnya. Namun, masih ada beberapa makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kadar kalium pada tubuh, antara lain:

Secangkir selada swiss chard

Hijau daun swiss chard memiliki jumlah kalium tertinggi, yaitu 1 gram. Lebih bergizi jika dimasak saat masih fresh dan belum dimasukkan ke dalam lemari es. Selada ini juga kaya vitamin K.

Secangkir sayuran berwarna kuning atau oranye

Sayuran kuning atau oranye mengandung sekitar satu gram kalium ketika dimasak. Sayuran ini juga mengandung vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Secangkir aprikot

Setengah cangkir aprikot sama dengan secangkir sayuran. Namun aprikot mengandung gula yang cukup tinggi, jadi lebih baik jangan berlebihan saat memakannya.

Satu kentang panggang yang besar

Kentang panggang ukuran besar mengandung 0,9 gram kalium. Kentang yang dipanggang lebih baik daripada direbus. Jika direbus, kalium dapat larut dalam air mendidih. Ketika diproses, jangan buang kulit kentang karena juga mengandung kalium.