Find Us On Social Media :

Segenggam Kacang Memangkas Lemak Perut

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 8 November 2011 | 17:00 WIB

Segenggam Kacang Memangkas Lemak Perut

Intisari-Online.com – Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa segenggam kacang sehari dapat membuat Anda jauh dari rasa lapar, dan pada saat yang sama mengalahkan perut di lemak. Ini untuk pertama kalinya menemukan hubungan antara konsumsi kacang dan tingkat tinggi serotonin, zat yang mengurangi nafsu makan, meningkatkan kebahagiaan, dan kesehatan jantung.

“Peningkatan dalam pembuangan metabolisme serotonin untuk pertama kalinya terkait dengan konsumsi kacang-kacangan,” kata seorang tim peneliti dari Universitas Barcelona, yang dipimpin oleh Christina Andris-Lacueva, seperti dilaporkan oleh Daily Mail.

Temuan, yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, ini diharapkan memberikan manfaat bagi orang yang menderita gangguan metabolisme, yang umumnya memiliki gejala kelebihan lemak perut, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi. Perubahan dalam diet yang disertai dengan konsumsi rutin kacang yang terdiri dari lemak sehat dan antioksidan dapat membantu pasien obesitas berkurang risiko diabetes tipe 2 dan serangan jantung.

Peneliti dari Universitas Barcelona mengatakan hanya membutuhkan satu ons dari kombinasi kenari, almond, dan hazelnut setiap hari untuk mendapatkan efek kesehatan yang positif. Selama studi para ilmuwan mengambil 22 responden yang memiliki gangguan metabolisme dalam diet selama 12 minggu dan membandingkan mereka dengan kelompok dari 20  pasien yang menjalani diet tanpa makan kacang. Urin yang dihasilkan para pasien tersebut kemudian dievaluasi.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi 30 gram kombinasi kacang per hari menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat serotonin yang tinggi. Hampir 90% serotonin terletak di usus. Sementara pengingat ditemukan dalam sistem saraf pusat yang mengatur nafsu makan. Padahal, hampir semua obat yang digunakan untuk mengobati penyakit seperti depresi, gangguan kecemasan, dan fobia sosial biasanya dimaksudkan untuk mengubah tingkat serotonin.

Sementara itu, sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan diterbitkan dalam British Journal of Nutrition juga mengungkapkan bahwa pistachio bisa membantu menurunkan berat badan dan mendukung kesehatan jantung.

Pemimpin peneliti, David Bear, mengatakan, “Pistachio memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mendukung manajemen berat badan dan kardiovaskular.” Ia juga menambahkan bahwa temuan tingkat tinggi serotonin dalam kacang-kacangan bertentangan dengan persepsi yang salah di masyarakat yang umumnya percaya bahwa konsumsi kacang hanya akan menambah asupan kalori.