Find Us On Social Media :

Jumlah Kolesterol Dalam Telur

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 10 November 2011 | 12:30 WIB

Jumlah Kolesterol Dalam Telur

Intisari-Online.com – Departemen Pertanian Amerika Serikat (United States Department of Agriculture=USDA) baru-baru ini mengumumkan perubahan nutrisi dalam telur. Salah satunya bahwa kandungan kolesterol menurun.

Seperti dilaporkan oleh Times, berdasarkan evaluasi rutin oleh USDA pada kandungan gizi dalam makanan lokal, dibandingkan tahun 2002, telur-telur yang beredar saat ini mengandung kolesterol 14% lebih rendah dan memiliki lebih banyak vitamin D (64%).

Dalam sebutir telur besar sekarang hanya ada 185 miligram (mg) kolesterol, penurunan dari 212 mg dan 41 IU vitamin D atau meningkat 18 IU vitamin D. Selain itu, telur juga mengandung sejumlah kalori yang sama, yaitu sebesar 70 kalori dan 6 gram protein.

Dewan Telur Amerika menyatakan bahwa perubahan ini dipengaruhi oleh faktor dalam memberi makan ayam, termasuk penambahan suplemen vitamin D.

Meskipun jumlah kolesterol telur menurun, sesuai dengan Pedoman Diet, orang dewasa disarankan untuk membatasi asupan kolesterol kurang dari 300 mg per hari. Jadi, telur masih mengandung setengah dari kolesterol yang direkomendasikan. Namun, harus juga dicatat bahwa asupan kolesterol juga berasal dari makanan lain yang kita makan.