Find Us On Social Media :

Makanan Sehat Untuk Diet

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 12 November 2011 | 10:00 WIB

Makanan Sehat Untuk Diet

Intisari-Online.com – Melakukan diet langsing bukan berarti membiarkan diri kelapasan. Ingat, kita masih harus memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh selama program penurunan berat badan.

Namun, memilih makanan untuk diet juga harus dilakukan dengan hati-hati. Jika kita ingin mendapatkan tubuh langsing tanpa mengganggu pencernaan, cobalah untuk lebih selektif ketika memilih makanan.

Seperti dilaporkan oleh Times of India, berikut ini adalah makanan yang harus disertakan dalam diet kita.

Sayuran

Tanpa konsumsi sayuran, mustahil bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama diet. Jangan lupa sertakan sayuran seperti bayam, buncis, selada, atau brokoli pada piring makan kita. Sayuran kaya akan serat, vitamin C, dan K, serta asam folat. Selain itu, juga mengandung mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium, yang tetap dibutuhkan ketika sedang diet.

Gandum

Gandum kaya nutrisi, serat, dan vitamin. Ahli diet, Honey Shah, selalu menyarankan pasiennya untuk makan roti gandum, pasta gandum, dan nasi merah. Oleh karena itu, makanan ini tinggi protein dan tidak menyumbangkan pada berat tubuh. Mulailah hari dengan sereal gandum atau roti gandum panggang.

Kacang-kacangan

Menambahkan kacang-kacangan dalam diet merupakan keputusan yang tepat. Sebagai sumber protein, magnesium, vitamin B dan E, kacang-kacangan sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Kacang-kacangan memang tinggi lemaknya, namun ini adalah lemak yang baik bagi kesehatan jantung.

Taburkan kacang-kacangan pada salad, sereal sarapan, atau campurkan dengan yoghurt. Bisa juga sebagai snack di sore hari. Seperempat cangkir atau segenggam kacang-kacangan atau sekitar 15 – 20 kacang almond, kacang mete, kenari baik dikonsumsi tiap minggunya.

Yoghurt

Yoghurt rendah lemak merupakan sumber vitamin, protein, dan kalsium. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat dapat melawan penyakit. “3 – 4 cangkir seminggu cukup baik untuk diet kita. Tapi jangan tambahkan gula. Jika perlu, tambahkan buah-buahan, seperti stroberi, pisang, dan pepaya,” anjur ahli nutrisi, Pinky.

Buah Beri

Alasan buah dimasukkan dalam menu diet karena mengandung serat dan membantu mengurangi berat badan. Buah berri mengandung antioksidan lebih tinggi dari makanan lainnya. Antioksidan bukan hanya melindungi kita dari penyakit, tetapi juga membantu mencegah hilangnya memori otak kita. Siapkan semangkuk buah berri selama tiga kali dalam seminggu. Buah ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau beku.