Find Us On Social Media :

Makanan Beku Untuk Memasak Cepat

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 12 Februari 2012 | 09:00 WIB

Makanan Beku Untuk Memasak Cepat

Intisari-Online.com – Sebagai seorang ibu, lebih baik kita menyiapkan sarapan atau makanan sehat kepada keluarga. Namun, kadang-kadang kita tidak sempat membeli bahan masakan yang segar. Nah, beberapa makanan berikut ini sebaiknya tersedia di freezer agar kita dapat memasak sewaktu-waktu untuk menyajikan menu sehat kepada keluarga. Kita simak dari laporan rd.com.

Roti. Roti lebih baik dibekukan daripada disimpan dalam lemari es (karena bisa kering dan basi). Jika mengiris roti sebelum dibekukan, maka dapat langsung dipanggang. Roti dapat langsung dipanggang dari beku. Penyimpanan roti pada freezer bervariasi lamanya sesuai dengan jenis roti. Roti panggang yang dibeli atau roti coklat dan putih buatan sendiri akan awet sampai 6 bulan, roti dengan susu, buah, dan roti gandum awet hingga 3 bulan. Roti dengan kerak renyah tahan selama 2 minggu, setelah ini kerak cenderung lembek karena mencair.

Tepung roti. Tepung roti atau tepung panir untuk toping bisa digunakan dari roti beku. Blender remah roti dan bekukan dalam kantong plastik atau wadah plastik, tahan hingga 3 bulan.

Buah dan sayuran beku. Buah dan sayuran beku masih tetap bergizi dan nyaman, isi vitamin tidak berkurang selama pembekuan. Buah dan sayuran dapat mencair dengan cepat atau memasaknya langsung dari beku. Kelebihan sayuran dan buah-buahan dapat dibekukan, meskipun mungkin tidak lebih bergizi dari produk beku, yang dibekukan beberapa jam setelah dipetik. Sayuran beku dapat disimpan selama 10 – 12 bulan, buah dikemas sendiri atau pure kentang buatan sendiri bisa disimpan selama 6 – 8 bulan, sirup atau gula 9 – 12 bulan.

Udang dan kerang. Udang mentah dan kerang lainnya dapat langsung dimasak dari beku, seperti fillet ikan, untuk memasak cepat. Simpan ikan beku menurut tanggal ‘dipakai’. Jika ikan mentah beku segar, menyimpan ikan putih bisa sampai 3 bulan, yang kaya minyak ikan hingga 2 bulan. Kebanyakan kerang yang dijual “segar” sebenarnya telah dibekukan, jadi tidak boleh dibekukan lagi.

Herbal. Herbal dapat dibekukan dalam wadah atau dikemas dahulu sebelum masuk freezer. Ini bisa disimpan hingga 6 bulan.

Pasta. Pasta, polos atau sudah diisin, bisa dimasak langsung dari beku, hanya membutuhkan saus sederhana untuk mengubahnya menjadi makanan lengkap. Ini bisa disimpan dalam freezer hingga 1 bulan.

Keju parut. Keju parut dapat digunakan dari beku untuk saus atau topping casserole dan pizza. Bisa disimpan hingga 6 bulan.

Parutan lemon, jeruk, atau kulit limau. Lemon parut, kulit jeruk atau jeruk nipis, semakin beku, akan memberikan rasa untuk hidangan. Keringkan kulit jeruk di atas baki dan kemudian masukkan ke dalam wadah atau kantung. Bisa disimpan hingga 12 bulan. Air perasan buah jeruk juga bisa dibekukan dalam wadah es batu.