Find Us On Social Media :

Siasat Agar Anak Suka Ikan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 4 Mei 2012 | 11:35 WIB

Siasat Agar Anak Suka Ikan

Intisari-Online.com – Setiap kali saya membawakan bekal ke sekolah anak dengan menu ikan, setiap kali pula anak saya selalu bercerita bahwa ada teman-temannya yang selalu mengomentari bekalnya. "Ih, bawa ikan, emang enak? Ikan 'kan enggak enak. Dan setiap kali pula anak saya selalu bertanya, emang ikan nggak enak Bu? Ikan 'kan enak ya Bu, buktinya saya suka kok."

Ya, ikan memang enak, saya jawab begitu kepada anak saya. Saya katakan kepada anak saya, coba tanyakan sama temannya kenapa tidak suka ikan. Jawab anak saya menirukan perkataan temannya, "Karena ikan itu amis."

Meskipun ikan mengandung mineral, yodium, magnesium, seng, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata tidak semua orang menyukai ikan. Alasannya, hanya karena tidak tahan dengan bau amis misalnya.

Tidak sulit sebenarnya menghilangkan bau amis pada ikan. Bila membeli ikan dalam keadaan utuh, setelah dipotong kepalanya, keluarkan kotoran dan isi perut ikan. Kemudian hilangkan bagian garis berwarna hitam yang ada di bagian bawah kepala ikan, karena dari sinilah sumber amisnya ikan. Gunakan tisu dapur kering untuk membersihkan hitam-hitam tersebut.

Setelah itu cucilah ikan dengan air yang mengalir, terutama bagian dalamnya. Setelah itu keringkan dengan tisu dapur. Lalu taburi ikan dengan garam di kedua sisinya, diamkan selama 10 menit. Bisa juga dengan mengolesi daging ikan dengan air jeruk nipis. Setelah itu, bumbui dan masak sesuai dengan selera.

Sebaiknya bumbui ikan dengan bumbu yang dibuat sendiri. Seperti campuran bawang putih, garam, dan kunyit. Kunyit ini juga berguna sebagai penghilang bau amis pada ikan. Setelah itu digoreng dengan minyak cukup banyak.

Anak masih tidak suka dengan ikan goreng karena masih berasa amis? Cobalah salah satu masakan ikan seperti yang disajikan di beberapa resto. Yaitu ikan goreng tepung. Pada gambar, ikan yang digunakan adalah ikan gurami. Ikan gurami diambil daging ikannya, kemudian dicelupkan pada campuran tepung. Campuran tepung yang digunakan yaitu tepung terigu dan tepung beras, tambahkan telur, sedikit merica bubuk, bawang putih bubuk, dan garam. Lalu goreng dalam minyak banyak.  Sajikan dengan saus lemon. Bisa juga disajikan dengan saus sambal, saus tomat, atau mayones.

Saus lemon dibuat dari tumisan bawang putih yang dicincang, bawang bombai yang dipotong melintang, ditambahkan dengan irisan wortel, perasan air jeruk lemon, dan sedikit maizena. Tambahkan sedikit garam dan gula di dalamnya. Sajikan ikan goreng saus lemon ini rasanya ramai, agak asam manis.

Anak Anda suka makanan berkuah? Cobalah masak ikan menjadi sup ikan. Untuk menghilangkan bau amis pada kuah ikan, masukkan jahe pada kuah. Segera santap saat kuah masih panas. Ini untuk menghindari bau amis yang biasanya muncul setelah masakan dingin.

Atau, masaklah ikan dengan kuah santan encer. Supaya ikan tidak hancur, masukkan ikan terakhir setelah semua bumbu ditumis dan santan mendidih. Gunakan banyak rempah-rempah pada masakan ini untuk menghilangkan bau amis dan menambah rasa pada masakan.

Selamat mencoba.