Find Us On Social Media :

Ikan Kembung, Omega-3-nya Tertinggi

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 1 Juni 2012 | 05:00 WIB

Ikan Kembung, Omega-3-nya Tertinggi

Intisari-Online.com – Makanan sehat bukanlah makanan yang harus berharga mahal. Selama ini masyarakat di pedesaan lebih mengetahui hal demikian hingga akhirnya memberikan anak-anak mereka makanan seadanya yang masih kurang bagi perkembangan otak anak-anak.

Makan ikan salah satunya yang dianjurkan paling tidak seminggu dua kali, karena kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak anak.

Orang mengira selama ini bahwa ikan salmonlah yang kandungan omega-3-nya paling tinggi. Padahal, ikan kembunglah yang omega-3nya menduduki peringkat tinggi, demikian menurut Dr.dr.  Damayanti R. Sjarif, Sp.A (K), konsultan nutrisi dan penyakit metabolik Departemen Ilmu Penyakit Anak FKUI/RSCM.

Ikan kembung yang disebut juga ikan makarel kandungan omega-3 nya memang paling tinggi sesudah minyak kedelai (2,8 gram per 100 gram). Dalam 100 g ikan kembung mengandung omega-3 sebanyak 2,6 gram. Bandingkan dengan ikan salmon yang hanya 1,4 gram, ikan tuna 0,5 gram, udang 0,5 gram, ikan gindara 0,2 gram, atau daging sapi yang hanya 0,2 gram, setiap 100 gram bahan makanan tersebut.

Ikan kembung bukan hanya kandungan omega-3 saja yang tinggi tetapi mudah sekali kita peroleh dengan harga terjangkau. Bahkan, tukang sayur keliling pun sering membawa ikan ini dalam gerobak jualan mereka. Ikan kembung yang diasinkan pun masih mengandung omega-3 meskipun tidak sebesar ikan segarnya, begitu pula dengan ikan kalengnya. Tapi, hati-hati dengan kadar natriumnya yang tinggi. Perlu diwaspadai bagi penderita hipertensi.

Beberapa jenis ikan tawar yang mudah diperoleh tapi juga mengandung omega-3 antara lain ikan lele, ikan patin, serta belut. Ikan teri yang harganya lebih murah pun mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh, yaitu kalsium.

Jadi, buat apa membeli makanan mahal bila tidak memberikan cukup nutrisi untuk tubuh.