Find Us On Social Media :

Ganti Minuman Energi dengan Pisang

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 6 Juni 2012 | 14:00 WIB

Ganti Minuman Energi dengan Pisang

Intisari-Online.com – Ada beberapa atlet yang menggunakan minuman energi untuk meningkatkan stamina. Kenyataannya, minuman energi mengandung banyak gula yang bisa berbahaya bagi tubuh mereka. Daripada mengonsumsi minuman energi, memakan pisang adalah pilihan yang lebih baik.

Sebuah penelitian baru menunjukkan, pisang bisa mengalahkan minuman energi sebagai sumber stamina untuk atlet. Buah ini kaya kalium dan nutrisi lain, yang selalu menjadi favorit pendukung daya tahan pelari dan pengendara sepeda. Para ilmuwan juga telah memastikan, pisang dapat memberikan tingkat energi yang sama dengan minuman karbohidrat. Selain itu, pisang juga mengandung gula alami yang lebih sehat daripada minuman energi.

Hasil penelitian juga menunjukkan, pisang mengandung antioksidan yang tidak ditemukan dalam minuman energi, yang membuatnya memiliki kandungan gizi yang lebih besar.

“Ini menunjukkan, sumber energi yang sehat masih mampu mendukung atlet,” kata dr. David Nieman, dari Appalachian State University di North Carolina, seperti dilaporkan Daily Express.

Minuman energi atau minuman olahraga biasanya mengandung air dan elektrolit, seperti natrium dan kalium untuk meringankan dehidrasi, dan karbohidrat, seperti gula, untuk energi. Minuman ini mampu mengisi cairan tubuh dan menyediakan bahan bakar ekstra untuk olahraga dengan durasi panjang atau sekitar 90 menit.

Sayangnya, kandungan gula dan asam dalam minuman jenis ini biasanya cukup tinggi, sehingga dapat membahayakan tubuh dan meningkatkan risiko diabetes serta crash energi. Selain itu, sama seperti semua minuman asam dan manis, minuman energi juga berkontribusi terhadap kerusakan gigi. Jadi, penting untuk dipertimbangkan lagi minum minuman energi saat berolahraga.