Find Us On Social Media :

Minuman Berkafein Mencegah Dehidrasi?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 25 Juni 2012 | 15:10 WIB

Minuman Berkafein Mencegah Dehidrasi?

Intisari-Online.com – Sejauh ini, beberapa penelitian telah menunjukkan, minuman berbasis kafein dapat menyebabkan dehidrasi tubuh. Namun, seperti dilansir Huffington Post, penelitian terbaru menunjukkan sebaliknya.

Para peneliti dari La Trobe University, Victoria, Australia, menyatakan, meskipun tubuh membutuhkan dua liter cairan sehari, ini tidak menunjukkan bahwa kita harus minum air sesuai dengan pedoman 8 gelas sehari. Menurut jurnal tersebut, sebenarnya siapa pun bisa mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk mempertahankan cairan tubuh hanya melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, termasuk minuman berkafein seperti kopi dan teh.

“Mencegah dehidrasi tidak hanya dari air, minuman seperti teh dan kopi juga dapat memberikan kontribusi cairan seseorang, meskipun minuman berkafein, tidak sampai menyebabkan dehidrasi,” kata Dr. Spero Tsindos.

Air dalam daun selada bahkan dapat menyumbang sekitar 97 persen air dalam tubuh. Itu jika Anda makan 100 gram selada, yang sama dengan mengonsumsi cairan sebanyak 97 gram.

“Minum air dengan volume tinggi terbukti dapat menekan nafsu makan, tetapi makan makanan dengan kadar air tinggi seperti semangka, selada, atau grapefruit memberikan efek lebih besar pada penurunan berat badan daripada sekadar menghindari konsumsi makanan lebih banyak dan mengonsumsi banyak air,” lanjut Spero.