Find Us On Social Media :

Singkong, Makanan Kaya Manfaat

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 27 Juni 2012 | 10:00 WIB

Singkong, Makanan Kaya Manfaat

Intisari-Online.com – Singkong memiliki nama Latin Manihot utilissima. Dikenal juga sebagai ketela pohon atau ubi kayu atau cassava dalam bahasa Inggris, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae.

Banyak orang menyukai makan singkong. Dari yang hanya direbus, digoreng, atau digoreng dengan tambahan berbagai rasa, hingga keripik singkong. Di beberapa daerah di Asia, umbinya dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Dalam 100 gram singkong mengandung kalori 154 gram, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 36,8 gram, sementara seratnya sebesar 0,9 gram, dan kandungan airnya mencapai 61,4 gram. Singkong termasuk dalam karbohidrat kompleks, yang dicernanya lebih lambat sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Daun singkong mengandung vitamin A, B1, dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Singkong sebenarnya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa efek dari singkong juga bisa menyembuhkan penyakit.