Find Us On Social Media :

5 Bahan untuk Salad Sehat

By K. Tatik Wardayati, Senin, 13 Agustus 2012 | 18:00 WIB

5 Bahan untuk Salad Sehat

Intisari-Online.com – Salad merupakan makanan yang sempurna karena rendah kalori, bergizi, dan penuh dengan serat karena berisi berbagai sayuran. Kita bisa menambahkan berbagai macam isi, sehingga dapat mengganti isi salad yang berbeda setiap hari selama seminggu, sehingga kita tidak akan pernah bosan.

Berikut ini beberapa bahan untuk membuat salad yang lebih sehat.

  1. Sayuran berdaun hijau gelap.

    Semakin berwarna hijau gelap, maka semakin bergizilah sayuran. Mungkin bisa dimulai dengan selada romaine, bayam, atau kangkung. Tidak hanya sayuran hijau membuat salad menjadi lebih sehat, tapi juga menambah rasa menjadi lebih kuat.

  2. Protein.

    Sayuran tidak memiliki protein, sehingga kita perlu menambahkan beberapa protein. Ayam panggang atau ikan salmon, tahu panggang, kacang, atau telur rebus adalah pilihan yang sangat baik. Makanan tersebut akan memuaskan rasa lapar lebih lama dibandingkan jika hanya makan sayuran saja.

  3. Buah segar.

    Apel dan pir biasanya ditambahkan ke dalam salad, tetapi buah-buahan segar lainnya juga bisa. Cobalah dengan irisan anggur, blueberry, stroberi, melon, atau bit. Bisa juga dengan jeruk atau grapefruit. Manisnya buah-buahan dapat menambahkan tenaga bagi tubuh. Buah-buahan juga menambahkan serat dan vitamin, dan lebih rendah kalori bila dibandingkan dengan buah kering.

  4. Kacang-kacangan atau biji-bijian.

    Taburkan kacang-kacangan seperti kenari, almond iris, pecans, atau biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, atau biji rami untuk tambahan protein dan serat. Karena kacang-kacangan cenderung tinggi kalori, tambahkan hanya sekitar satu sendok makan saja. Meskipun kacang-kacangan tinggi lemak, tapi ini lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ditambah dengan teksturnya yang renyah, akan membuat salad menjadi jauh lebih menarik.

  5. Potongan avokad.

    Avokad sering dianggap buruk karena mengandung kalori yang tinggi, padahal buah ini juga mengandung asam oleat tinggi, lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Avokad juga tinggi kalium, vitamin K, dan serat. Sama seperti kacang-kacangan, jangan terlalu berlebihan, cukup tambahkan irisan dari seperempat buahnya saja dalam satu porsi salad. Ini akan menambahkan 80 kalori, 244 mg kalium, 3,4 gram serat, dan 1 gram protein. (*)