Find Us On Social Media :

Organik Belum Tentu Lebih Baik

By Ade Sulaeman, Rabu, 5 September 2012 | 16:46 WIB

Organik Belum Tentu Lebih Baik

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian mencoba melihat perbedaan tingkat kesehatan antara orang yang mengonsumsi makanan organik dengan orang yang mengonsumsi makanan non-organik. Penelitian lainnya membandingkan produk-produk organik dan non-organik seperti susu, daging, telur dan beberapa produk lainnya. Tujuannya untuk mengukur kandungan nutrisi dari makanan-makanan tersebut, termasuk kandungan kontaminan seperti pestisidan dan bakteri.

Ternyata, buah atau sayuran non-organik mengandung pestisida lebih banyak dibandingkan buah dan sayuran organik. Besarnya mencapai 30 persen. Hanya saja, apabila melihat aturan Food and Drugs Administration (Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat), kandungan tersebut masih berada di dalam batas yang wajar untuk dikonsumsi.

Tinjauan penelitian ini juga menunjukkan bahwa daging organik mengandung lebih sedikit bakteri “superbug” yang kebal terhadap antibiotik dibandingkan daging non-organik. Namun, para peneliti menganggap adanya infeksi yang kebal terhadap antibiotik lebih disebabkan kesalahan dalam mengonsumsi antibiotik.

Terakhir, para peneliti menyatakan bahwa pada dasarnya tidak ditemukan bukti bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan organik akan memiliki tubuh yang lebih sehat dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi makanan non-organik. Sebuah temuan yang menghasilkan pro dan kontra di kalangan peneliti.

Melissa Joy Dobbins dari Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, menyatakan bahwa pada dasarnya ketika kita membicarakan makanan organik, yang dibicarakan adalah prosesnya, bukan produknya. Jadi, meski caranya berbeda dibandingkan cara konvensional, produk yang dihasilkan tidak memiliki perbedaan. “Oleh karenanya saya tidak ingin para ibu merasa berdosa hanya karena memilih makanan non-organik, padahal harganya jauh lebih murah dibandingkan makana organik,” ujar Dobbins.

Sedangkan Sonya Lunder dari Environmental Working Group menganggap nutrisi bukanlah fokus utama ketika seseorang memilih makanan organik. Namun, selain mampu memberi variasi makanan, makanan organik mampu memberikan jaminan untuk mengonsumsi makanan yang terbebas dari pestisida dan antibiotik. Jaminan yang didasari dan dibuktikan oleh penelitian.

Jadi, makanan manakah yang akan Anda pilih? (WebMD)