Find Us On Social Media :

Manfaat Menakjubkan Buah Sirsak

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 8 Januari 2013 | 16:54 WIB

Manfaat Menakjubkan Buah Sirsak

Intisari-Online.com – Anda pasti mengenal buah sirsak (Annona muricata L.). Buah ini sering dikenal dengan sebutan nangka belanda, nangka sebrang, atau durian belanda. Sirsak pada awalnya tumbuh liar di Amerika Selatan, Bermuda, Meksiko, Peru, Argentina, dan Bahama. Namun, sekarang kita dengan mudah dapat menemukannya di supermarket.

Buah sirsak bukanlah buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20 – 30 cm dengan berat hingga 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya merupakan kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antarbuah. Daging buahnya berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan sebagai bahan baku minuman jus atau es krim.

Dalam 100 g sirsak, mengandung energi sebanyak 65 kkal, protein 1 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 16,3 g, serta kandungan airnya hingga 81,7%. Kandungan gizi sirsak ini terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk kanker. Berikut ini beberapa sifat yang menakjubkan dari buah sirsak.

Bagaimana cara mengonsumsinya? Anda bisa langsung memakannya atau membuat variasi seperti jus sirsak atau smoothie. (*)