Find Us On Social Media :

Besi dalam Bayam Bantu Atasi PMS

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 2 Maret 2013 | 16:00 WIB

Besi dalam Bayam Bantu Atasi PMS

Intisari-Online.com – Makanan kaya zat besi dapat menurunkan nyeri yang sering terjadi pada wanita saat  Pre-Menstrual Syndrome (PMS). Salah satunya bayam. Penelitian terbaru menunjukkan, makanan yang kaya akan zat besi dapat meredakan rasa panas dalam perut, iritasi, dan depresi yang menjadi gejala umum PMS.

Wanita yang mengonsumsi zat besi lebih dari 20 miligram sehari, kemungkinan 35 persen lebih rendah mengalami rasa sakit saat menstruasi atau PMS, dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi zat besi kurang dari angka tersebut.

Kita dapat dengan mudah mendapatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi semangkuk sereal atau bayam saja, yang dapat memberikan 24 miligram zat besi.

“Besi sangat penting dan perlu, terutama bagi wanita yang sedang menstruasi,” kata ahli gizi Mayling Kajiya, seperti dilansir NY Daily News.

Wanita yang sedang menstruasi harus makan makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap sebelum mengonsumsi obat untuk meringankan rasa sakit karena PMS. Selain itu, diharapkan mengonsumsi banyak vitamin C, karena vitamin ini membantu tubuh menyerap zat besi.

Jika ada makanan alami yang dapat mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, mengapa harus memilih obat dari bahan kimia?