Find Us On Social Media :

Makan Kimchi Turunkan Kolesterol

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 Maret 2013 | 16:00 WIB

Makan Kimchi Turunkan Kolesterol

Intisari-Online.com – Anda penggemar masakan Korea? Kabar baik untuk Anda. Penelitian terbaru menunjukkan, kimchi, hidangan Korea yang terbuat dari kubis fermentasi, mampu mempertahankan tingkat kolesterol dalam darah.

Penelitian dilakukan oleh para ilmuwan di Pusan National University yang menemukan banyak makan kimchi dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam satu minggu, demikian dilansir NY Daily News.

Para peneliti mengamati 100 pria muda Korea. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi sekitar 373 gr setiap hari, sementara kelompok lainnya hanya makan 28 g. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi kimchi banyak dalam sehari selama satu minggu mengalami penurunan drastis dalam kolesterol jahat, lebih banyak dari partisipan yang hanya makan kimchi sedikit setiap harinya. Namun, kedua kelompok tersebut sama-sama diuntungkan karena makan kimchi setiap hari.

Selain dikenal untuk menurunkan kolesterol, kimchi juga mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin A, B, C, dan lactobacillus, bakteri baik yang membantu proses pencernaan.  Dalam penelitian sebelumnya, makan makanan yang mengandung probiotik lactobacillus setiap hari pun dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.