Find Us On Social Media :

Cegah Penyakit Degeneratif dengan Kedelai

By Rusman Nurjaman, Rabu, 20 Maret 2013 | 06:00 WIB

Cegah Penyakit Degeneratif dengan Kedelai

Intisari-Online.com -Masalah gizi buruk masih menjadi momok di negara berkembang seperti Indonesia. Jika dibiarkan hal ini akan mengakibatkan munculnya penyakit degeneratif di usia muda, seperti diabetes, penyakit jantung koroner, hipertensi, stroke dan kanker. International Diabetes Federation memprediksikan sekitar 11,8 juta orang Indonesia berpotensi terkena diabetes di tahun 2030.

Dr. Abdullah Firmansyah, Ketua II Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), menengarai hal tersebut sebagai dampak dari pola hidup yang buruk. “Diet yang tidak seimbang, kurang olahraga, gaya hidup tidak sehat, dan stres yang tinggi, menjadi faktor pemicu diabetes,” kata dr Abdullah.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk mengurangi resiko diabetes adalah asupan makanan yang sehat. Selain buah-buahan, kata dia, kedelai bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat disarankan. Kandungan seratnya yang tinggi, rendah kalori, minim lemak jahat, dan kadar indeks glisemik yang rendah menjadi keunggulan kedelai.

“Kedelai dengan kekayaan nutrisinya dapat menjadi solusi dan membantu menurunkan risiko penyakit degeneratif,” jelas dr. Abdullah.  

Hal apa saja sebenarnya yang membuat kedelai bisa menjadi pilihan yang tepat? Inilah beberapa fakta tentang kandungan dan manfaat kedelai.