Find Us On Social Media :

Kontrol Kolesterol dengan Kacang Tanah

By dwi andriani putri, Senin, 17 Juni 2013 | 08:00 WIB

Kontrol Kolesterol dengan Kacang Tanah

Intisari-Online.com - Dalam benak banyak orang, kacang tanah dan jerawat sudah seperti mimi lan mintuno. Dua sejoli yang susah dipisahkan. Selalu saja terucap, "Nanti jerawatan lo!" manakala kita menyantap kacang tanah. Padahal, ada sederet manfaat kacang tanah.

Kacang tanah ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan misalnya lemak, protein, zat besi, kalsium, vitamin A, E, B kompleks, K, fosfor, kolin, dan lesitin. Kacang tanah juga memiliki kandungan gizi yang bisa menjaga ketahanan tubuh untuk mencegah serangan dari berbagai penyakit. Konsumsi kacang tanah sebanyak 1 ons 5 kali dalam seminggu bisa mencegah risiko penyakit jantung.

Berikut beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan.

  1. Meningkatkan kesuburan.

    Kacang tanah banyak mengandung asam folat. Berdasarkan suatu penelitian, seorang wanita dalam masa awal kehamilan yang memenuhi asupan 400 mikro gram asam folat dalam sehari bisa mengurangi risiko bayi lahir cacat hingga 70 persen.

  2. Membantu melawan depresi.

    Kacang tanah termasuk sumber triptofan, yakni asam amino yang berperan dalam produksi serotonin. Serotonin termasuk bahan kimia dalam otak yang membantu dalam regulasi suasana hati. Seseorang ketika mengalami depresi biasanya jumlah serotonin bisa berkurang, sehingga dengan bantuan triptofan bisa meningkatkan jumlah serotonin yang ada dalam darah.

  3. Mengontrol kolesterol.

    Ternyata kacang tanah juga bisa mengontrol kolesterol dalam darah. Hal ini disebabkan karena kandungan tembaga dalam kacang tanah berperan dalam memerangi kolesterol  jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

  4. Mengurangi resiko terkena serangan jantung.

    Beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan mengonsumsi kacang-kacangan dengan teratur dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. 

  5. Mencegah tumbuhnya sel kanker.

    Kandungan fitosterol memang hampir ada dalam setiap jenis kacang-kacangan termasuk juga dalam kacang tanah. Fitosterol bukan hanya berperan dalam memerangi penyakit jantung dan kolesterol saja melainkan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.

  6. Menurunkan berat badan.

    Ternyata orang yang sering mengonsumsi kacang tanah kurang lebih 2 kali dalam seminggu kecil kemungkinan untuk terkena obesitas.