Find Us On Social Media :

6 Alasan Anda Harus Menghargai Diri Sendiri

By Chatarina Komala, Minggu, 9 Februari 2014 | 12:00 WIB

6 Alasan Anda Harus Menghargai Diri Sendiri

Intisari-Online.com – Respect your self and world will respect you. Sebuah pepatah lama yang menunjukkan betapa pentingnya bagi Anda untuk menghargai diri sendiri. Sebab, segala penghargaan dan kejujuran akan terpancar lewat tindakan yang Anda lakukan. Berikut ini adalah 6 alasan mengapa Anda harus menghargai diri sendiri.

1. Membangun kepercayaan diri

Dengan menghargai diri sendiri, level kepercayaan diri Anda akan meningkat. Kekuatan untuk berani menghadapi segala situasi pun semakin kuat. Akibatnya, Anda tidak akan mudah merasa didominasi oleh pihak lain.

2. Anda akan mudah menerima kritikan

Ketika Anda menghargai diri sendiri, Anda akan mampu menerima kritik dengan baik. Kesalahan tidak akan banyak mempengaruhi Anda, melainkan menjadi motivasi untuk berusaha agar lebih baik lagi.

3. Menghargai diri sendiri membuat Anda merasa berharga

Ketika Anda menghargai diri sendiri, Anda juga mencintai diri Anda dan percaya bahwa Andalah yang terbaik. Tak ada yang dapat mempengaruhi Anda. Penghargaan diri juga dapat membantu Anda membangun kepercayaan diri yang kuat dalam menghadapi situasi yang berat.

4. Menghargai diri membuat Anda belajar untuk tidak membandingkan diri

Ketika Anda belajar untuk menghargai diri Anda, Anda juga belajar untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain. Anda tahu bahwa Anda memiliki kekhususan yang unik yang tidak dimiliki orang lain. Ketika Anda memulai untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain, Anda akan kehilangan diri Anda.

5. Menghargai diri sendiri mengajari Anda untuk mengenali kualitas diri

Ketika Anda menghargai diri sendiri, Anda mengenali diri Anda sendiri. Anda tahu kelemahan dan kekuatan Anda. Ketika Anda tahu kelemahan, Anda pun akan memiliki kekuatan untuk mengatasi apapun. Hal ini dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih baik lagi.

6. Menghargai diri sendiri membuat Anda belajar untuk menjaga diri