Penulis
Intisari-Online.com -Membawa ponsel saat berbelanja memang banyak manfaatnya, salah satunya dalam proses membandingkan harga. Tak hanya itu, banyak orang juga memanfaatkan situs toko untuk membaca ulasan (review) mengenai suatu produk.Pola belanja konsumen di era digital kini memang telah berubah. Bukan hanya kita mengandalkan orang lain sebelum memutuskan apakah suatu produk layak dibeli atau tidak, namun kita juga akan terhubung dengan orang lain melalui ponsel sambil berbelanja. Akibatnya, review positif suatu produk di Internet dapat memengaruhi minat belanja seseorang.(Baca juga: Masyarakat Inggris Gemar Belanja Online)
Hasil studi yang dilakukan olehInteractions Marketingmengenai tren konsumen menunjukkan, 91 persen wanita melakukan online survei sebelum mereka melakukan pembelanjaan. Survei tersebut dilakukan dengan ponsel mereka.Meski saat ini cukup banyak orang yang menulis testimoni mengenai sebuah produk di media sosial, tetapi ternyata hanya sedikit responden yang melihat review barang di media sosial. Sebaliknya, mereka memilih situs resmi sebuah produk atau toko untuk mencari informasi di sana.Sebanyak 80 persen wanita yang disurvei mengungkapkan, mereka terpengaruh untuk membeli sesuatu setelah membaca ulasan yang bersifat positif. Mereka berpendapat, seseorang akan menulis ulasan atau review jika mereka sangat puas atau sangat kecewa.(Baca juga: Cara Aman Belanja Online)Adapun jenis barang yang paling banyak dicari ulasannya di internet adalah elektronik (82 persen), pakaian dan aksesoris (62 persen), komputer (59 persen), peralatan rumah tangga (55 persen), ponsel (50 persen), tablet (39 persen), perabot rumah tangga (36 persen), barang-barang kelontong (20 persen), serta produk kesehatan dan kecantikan (4 persen). (Kompas)