Find Us On Social Media :

Mengapa Orangtua Harus Menjaga Rahasia Anaknya?

By Chatarina Komala, Selasa, 25 Maret 2014 | 09:00 WIB

Mengapa Orangtua Harus Menjaga Rahasia Anaknya?

Intisari-Online.com - Setiap orang memiliki rahasia. Beberapa dari kita memilih untuk mengungkapkannya atau justru menguburnya seumur hidup. Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga memiliki rahasia mereka sendiri. Namun, rahasia ini seringkali dapat membuat anak-anak rentan. Sebagai orangtua, tentu lebih baik untuk meyakinkan mereka Andalah adalah orang yang tepat untuk berbagi. Namun, bagaimanapun juga rahasia dari anak-anak harus ditangani dengan hati-hati. Berikut ini adalah beberapa alasan penting, mengapa Anda sebagai orangtua harus memegang rahasia anak Anda.(Baca juga: 4 Manfaat Membatasi Gadget pada Anak)

1. Mereka mungkin kehilangan kepercayaan Anda
Ketika seorang anak terbuka pada Anda, mereka tahu dan melakukannya karena mereka merasa nyaman dan percaya pada Anda. Karenanya, melakukan kesalahan dalam penanganan informasi bisa merusak kepercayaan diri mereka. Situasi ini dapat membuat mereka menganggap semua orang tidak bisa dipercaya, bahkan juga bisa mengubah mereka menjadi orang yang sinis. 
2. Mereka mungkin tidak pernah bercerita lagi
Ketika Anda berbagi rahasia anak-anak Anda dengan orang lain, itu akan menghancurkan kepercayaan mereka pada Anda. Mereka mungkin tidak berbagi rahasia mereka dengan Anda di waktu berikutnya. Mereka juga tidak akan pernah ingin membuka lagi, bahkan jika itu berarti merugikan mereka. 
3. Setiap rahasia adalah rahasia
Ketika sesuatu dipandang sebagai hal "rahasia", apapun kondisinya, itu harus tetap rahasia. Hal ini penting untuk menghormati anak bagi sebuah hal yang benar-benar pribadi baginya. Bagaimanapun juga, anak telah memilih untuk membuka dan membocorkan rahasia kecil atau besar kepada Anda dan Anda harus menghargai mereka untuk menjaganya. 
4. Mereka mungkin berhenti melihat Anda sebagai panutan
Setiap anak kecil menganggap orang tua mereka sebagai panutan pertama mereka. Jika Anda ingin mempertahankan persepsi itu, maka Anda harus bertindak juga sebagai seorang panutan. Berperilakulah dan tunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghormati rahasia mereka sebanyak mereka menghormatinya.(Baca juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Anak-Anak
5. Ini membantu untuk membangun karakter mereka
Ketika orangtua mengambil langkah untuk membantu anak tanpa membuat dia tak nyaman, orangtua ini juga berusaha untuk membangun karakter si kecil.  Mengajari seorang anak kecil tentang perbedaan antara rahasia yang baik dan yang buruk memang sangat sulit.  Namun, ketika anak-anak Anda masih muda, tak ada salahnya mendorong mereka untuk berbagi rahasia mereka dengan Anda. Ini dilakukan untuk memastikan, Anda adalah orang yang bisa dipercaya. (Magforwomen)