Find Us On Social Media :

Upaya untuk Menjaga Kesehatan Mental

By Birgitta Ajeng, Minggu, 17 Agustus 2014 | 20:30 WIB

Upaya untuk Menjaga Kesehatan Mental

Intisari-Online.com - Dimensi mental kita sangat berpengaruh pada kekuatan pikiran kita. Menjaga kesehatan mental, akan memberi manfaat pada area-area lain dalam kehidupan kita.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam upaya menjaga kesehatan mental kita seperti ditulis di dalam buku Parenting untuk Orang Tua Sibuk.

1. Membaca buku bacaan bermutu

Dalam hal ini, kita dapat membaca novel-novel klasik, bacalah beberapa lembar setiap malam menjelang tidur. Membaca bacaan bermutu akan menjaga pikiran kita tetap segar.

2. Memperdalam pengetahuan tentang hobi kita

Apakah itu: memancing, golf, atau membuat gerabah – cobalah untuk mengetahui lebih dalam tentang hobi yang kita sukai saat ini. Mempelajari topik-topik yang berhubungan dengan hobi kita, sedikit banyak akan menambah wawasan dan “alasan” – mengapa kita sampai menyukai hobi tersebut.

(Baca juga: Lima Gejala Depresi Pada Seseorang)

3. Matikan televisi

Tidak semua program televisi itu “mengembangkan” pikiran (mind expanding), banyak di antaranya yang malah “membekukan” pemikiran (mind numbing) kita. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih program mana yang “wajib nonton” – selebihnya, matikan saja.

4. Getol untuk melatih ingatan

Cara paling baik untuk melatih pikiran kita adalah dengan getol berlatih mengingat-ingat sesuatu. Cobalah untuk mengingat-ingat: kata mutiara yang memberi inspirasi, puisi yang indah, ataupun kisah-kisah tertentu. Kebiasaan seperti ini sangat berguna dalam melatih pikiran kita sehingga tetap segar.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam upaya menjaga kesehatan mental kita. Semoga bermanfaat.