Find Us On Social Media :

Agar Anak Tertarik Makan Bersama di Rumah Setiap Hari

By Birgitta Ajeng, Minggu, 17 Agustus 2014 | 19:00 WIB

Agar Anak Tertarik Makan Bersama di Rumah Setiap Hari

Intisari-Online.com - Kita sebagai orangtua pasti selalu berusaha untuk dapat makan bersama anak, minimal satu kali per hari. Acara makan bersama adalah bagian penting dalam menjaga kehangatan hubungan antar anggota keluarga. Berikut ini beberapa upaya agar anak tertarik makan bersama di rumah setiap hari seperti ditulis di dalam buku Parenting untuk Orang Tua Sibuk:

1. Melibatkan anak

Anak-anak akan senang jika turut dilibatkan. Kita harus dapat menentukan apa saja yang dapat dilakukan anak (sesuai usianya) dalam rangka membantu kita menyiapkan makanan yang akan disajikan.

Sebagai contoh, kita bisa meminta anak untuk mengiris atau memotong sayuran atau bahan makanan lainnya yang akan dimasak. Kita harus kreatif dalam menemukan cara agar semua anak dapat turut berpartisipasi.

2. Jadikan sederhana

Acara makan bersama setiap hari, tentu tidak usah kita samakan dengan acara makan bersama pada saat hari raya atau kumpul keluarga. Kita dapat menyajikan hidangan dengan menu yang simpel tetapi bernutrisi, dan tentu saja enak dimakan.

(Baca juga: Tujuh Keuntungan Menikah Muda)

3. Jangan berdiskusi persoalan “berat” saat makan

Isu-isu seputar disiplin anak ataupun masalah uang, sebaiknya tidak usah dibahas saat makan bersama. Misal, disangkanya akan makan bersama dengan nyaman, eh malah diomelin karena masalah disiplin atau dinasihati, dan lain-lain.

Anak-anak pun akan enggan bergabung bila kemudian hari diadakan makan bersama lagi. Kita harus menjaga agar obrolan di saat makan adalah obrolan yang ringan karena tujuan acara ini adalah menciptakan kehangata antar anggota keluarga.

4. Matikan televisi

Untuk acara makan bersama yang efektif, matikan televisi. Televisi akan memecah perhatian pada saat seluruh anggota menikmati makanan dan percakapan ringan antar anggota keluarga.