Find Us On Social Media :

Beginilah Sikap Anak Setelah Orangtua Bercerai

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 12 Maret 2015 | 19:15 WIB

Beginilah Sikap Anak Setelah Orangtua Bercerai

Intisari-Online.com - Dalam setiap perceraian orangtua, yang menjadi korban adalah anak. Meskipun, orangtua berpikir bahwa perceraian adalah jalan terbaik bagi keduanya namun tidak bagi anak. Terutama dalam tumbuh kembang dan masa depan mereka. Secara tidak langsung, mereka akan merasa kehilangan perhatian sejak orangtua mereka berpisah. Ketika anak-anak tumbuh melalui fase di mana orangtua mereka terpisah, mereka terkena dampak dari perceraian orangtua. Dampak perceraian orangtua terhadap anak yang paling sering ditimbulkan adalah pada perubahan sikap. Selain itu, ada beberapa sikap anak setelah orang tua bercerai, yang kadang tidak diperhatikan orangtuanya.

1. Harga diri rendah

Efek umum yang timbulkan dari percerai orangtua terhadap anak adalah harga diri rendah dan kurangnya rasa percaya diri. Anak merasa malu dan tidak bisa menerima kenyataan bahwa orangtuanya telah bercerai. Hal itu, membuat mereka merasa acuh tak acuh di depan orang lain. Ada kemungkinan, mereka berpikir bahwa teman-temannya mengejeknya.

2. Merasa tidak aman

Perceraian orangtua menyebabkan berbagai perubahan dalam kehidupan anak. Anak-anak memilih untuk tinggal dari salah satu orangtua mereka dan mereka merasa  telah kehilangan sesuatu. Mereka merasa bahwa ikatan keluarga hilang dan mereka tidak dapat memiliki kedua orangtua secara utuh. Hal ini biasanya, membuat mereka sangat tidak aman karena mereka telah kehilangan hubungan yang paling penting dengan keluarga mereka sendiri.

3. Mudah marah dan agresif

Sifat mudah marah cenderung sering terjadi pada anak yang ditinggal bercerai oleh orangtuanya. Emosi bisa keluar dalam bentuk apa pun. Menjadi pemarah, agresif, kekerasan, dan memberontak bisa menjadi efek perceraian orangtua terhadap anak.

4. Terisolasi

Ada kemungkinan bahwa setelah perceraian orangtua, anak mungkin masuk ke dalam penjara. Mereka ingin dibiarkan sendiri. Mereka akan berhenti berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Mereka ingin diisolasi dan hidup di dunia mereka sendiri.

5. Depresi dan kesedihan

Ini merupakan sikap anak setelah orangtua bercerai yang paling jelas terlihat. Mereka akan merasa rendah, sedih, dan marah. Mereka tidak akan dapat fokus pada pekerjaan atau bermain. Sangat penting bagi anak untuk segera keluar dari keadaan tersebut demi tumbuh kembang mereka ke depannya. Ini tentu menjadi tanggung jawab orangtua.