Find Us On Social Media :

Berpelukan Efektif Menghilangkan Stres

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 25 Maret 2015 | 11:00 WIB

Berpelukan Efektif Menghilangkan Stres

Intisari-Online.com - Tahukah kita bahwa berpelukan dengan orang terdekat atau orang yang kita sayangi tidak hanya memberikan kehangatan dan ketenangan. Lebih dari itu, berpelukan ternyata dapat meredakan rasa stres dan mampu mencegah infeksi. Benar, berpelukan efektif menghilangkan stres.

Para ilmuwan mengatakan, berpelukan memberikan dampak positif bagi kesehatan. Menurut merka, berpelukan mampu mengurangi gejala suatu penyakit. Semakin sering berpelukan, semakin memberikan efek yang besar bagi kesehatan.

Para peneliti dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat meneliti efek berpelukan kepada 400 orang. Mereka ditanyai seputar masalah pribadi dan bentuk dukungan yang diterima.

Alhasil, mereka yang mendapat dukungan dari keluarga maupun kerabat dapat mengurangi rasa stres. Berpelukan dapat membuat seseorang merasa dilindungi, mendapat dukungan agar kuat menghadapi suatu masalah, dan berpelukan efektif hilangkan stres.

Profesor Psikologi Sheldon Cohen mengungkapkan, penelitian itu menunjukkan bahwa berpelukan memang merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan dukungan. "Meningkatkan frekuensi berpelukan mungkin menjadi cara yang efektif mengurangi efek stres," kata Sholden.

Sholden menjelaskan, saat berpelukan terjadi kontak fisik yang menunjukkan kedekatan. Menurutnya, orang yang memiliki masalah dan stres akan lebih mudah terserang penyakit. Maka, berpelukan juga dapat mencegah seseorang dari serangan penyakit. Saat berpelukan, terjadi pelepasan hormon oksitosin dalam tubuh yang membuat seseorang menjadi lebih rileks dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik.