Find Us On Social Media :

Ingin Hubungan Terbentuk dan Terpelihara? Senyumlah!

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 29 Mei 2015 | 19:00 WIB

Ingin Hubungan Terbentuk dan Terpelihara? Senyumlah!

Intisari-Online.com - Kita mungkin sudah tahu bahwa tersenyum memberikan banyak manfaat, salah satunya bagi sebuah hubungan. Para peneliti sekarang ini telah membuktikan bahwa senyum memang membantu menjadi penghubung orang baru dan menjaga hubungan baik dengan pasangan. Jadi, jika ingin hubungan terbentuk dan terpelihara, senyumlah

Studi yang dipublikasikan dalam Springer journal Motivation and Emotion dijelaskan, senyum bekerja karena orang jauh lebih terbiasa dengan emosi positif ketika membentuk ikatan yang baru daripada ikatan negatif seperti kemarahan dan kesedihan.

Namun, jangan mencoba untuk membuat senyum palsu karena orang dapat mengenali senyum yang tulus bahkan dari satu mil jauhnya, kata peneliti Belinda Campos dari University of California, Irvine di Amerika Serikat. "Hasil penelitian memberikan bukti tentang pentingnya emosi positif dalam pengaturan sosial dan menyoroti peran emosi positif dalam pengembangan hubungan sosial yang baru," kata Campos.

Para peneliti melakukan dua studi untuk menguji peran yang emosi positif bermain dalam hubungan. Pertama menguji bagaimana 66 pasangan kencan mengetahui emosi positif dari pasangan mereka. Para peneliti menemukan bahwa pasangan kencan mampu cukup akurat melacak emosi positif pasangan mereka.

Percobaan kedua melihat bagaimana orang menyesuaikan diri dengan emosi positif dan apakah itu membantu mereka untuk membentuk ikatan sosial yang baru. Hal ini dilakukan dengan menetapkan 91 wanita untuk menonton enam emosi cuplikan film yang sarat dalam perusahaan baik teman sekamar atau orang asing.

Orang cenderung merasa lebih dekat dengan orang tak dikenal dengan menampilkan emosi positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang lebih menyadari emosi positif dari orang lain daripada negatif. (TimeofIndia)