Find Us On Social Media :

Tingkat Perceraian di Kota-kota Besar Dunia: Lebih dari Setengah Pernikahan di Paris Berakhir dengan Perceraian

By Ade Sulaeman, Jumat, 7 Agustus 2015 | 15:30 WIB

Tingkat Perceraian di Kota-kota Besar Dunia: Lebih dari Setengah Pernikahan di Paris Berakhir dengan Perceraian

Intisari-Online.com - Ada yang mengatakan bahwa pernikahan yang langgeng dan penuh sayang hingga maut memisahkan di masa kini adalah tak ayalnya sebuah dongeng. Hopes & Fears mengadakan sebuah studi yang mempelajari tingkat perceraian di kota besar di seluruh dunia. Berikut adalah uraiannya.

1. Roma, Italia

Rata-rata usia pernikahan di kota ini antara 15 hingga 18 tahun. Berdasarkan laporan Istat, tingkat perceraian di Roma meningkat hingga pada posisi 30,7 persen sejak tahun 2010. Setiap 1.000 pernikahan memiliki ekivalen 370 perpisahan dan 182 perceraian pada tahun 2010. Namun, menurut laporan The Economist, usia pernikahan di Roma cukup baik, di mana 15 sampai 18 tahun tersebut termasuk masa perpisahan hingga tanggal disahkannya perceraian.

2. Paris, Perancis

Kota Paris dikenal sebagai kota romantis yang penuh dengan nuansa cinta yang bersemi. Namun, berdasarkan data yang dirilis Eurostat, usia pernikahan di ibukota Perancis ini rata-rata hanya bertahan selama 13 tahun. Sementara itu, tingkat perceraian di kota tersebut cukup tinggi, yakni mencapai 55 persen.

3. New York, Amerika Serikat

Menurut data yang dirilis oleh Departemen Kesehatan Amerika Serikat, rata-rata nasional usia pernikahan di kota berjuluk Big Apple ini mencapai 12,2 tahun. Adapun rata-rata usia pernikahan di beberapa negara bagian lain di Amerika Serikat mencapai 10 hingga 14 tahun.

4. Tokyo, Jepang

Berdasarkan data sensus nasional Jepang, rata-rata usia pernikahan di Jepang kini tidak lebih dari 11 tahun. Sementara itu, tingkat perceraian mencapai 36 persen. Tidak hanya itu, di Negara Sakura ini perceraian pun memiliki upacara khusus yang telah lazim diterapkan para pasangan yang pisah jalan. Tujuannya untuk menandai perpisahan pasangan.

5. Sydney, Australia

The Australian Institute of Family Studies menemukan bahwa sejak tahun 2011 usia pernikahan semakin singkat. Adapun rata-rata usia pernikahan mencapai 8,7 tahun. Lalu, studi ini juga menemukan bahwa banyak juga pasangan yang cenderung memutuskan untuk tetap bersama demi anak-anak mereka. Sementara itu, tingkat perceraian nasional mencapai 43 persen. Pasangan biasanya akan bercerai setelah usia pernikah mencapai 20 tahun atau lebih, hingga anak-anak mereka beranjak dewasa.

6. London, Inggris