Find Us On Social Media :

6 Kesalahan Menyikat Gigi

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 25 Maret 2015 | 07:00 WIB

6 Kesalahan Menyikat Gigi

Intisari-Online.com - Sekarang ini, banyak orang telah mendengar bahwa perawatan gigi yang buruk dapat terkait dengan penyakit jantung dan penyakit kesehatan lainnya. Salah satunya adalah disfungsi ereksi, menurut American Dental Association (ADA).

Dalam menyikat gigi secara teratur, mungkin setidaknya terjadi salah satu kesalahan dari enam kesalahan dalam menyikat gigi berikut ini. Berikut ini adalah enam kesalahan menyikat gigi.

1. Tidak membersihkan Setiap hari di waktu yang tepat

Menurut Edmond R Hewlett seorang professor di UCLA School of Dentistry, mengatakan, menyikat gigi harus dilakukan setiap malam sebelum tidur. Ngemil sebelum tidur secara signifikan dapat meningkatkan risiko gigi berlubang jika makanan tetap bersarang pada gigi.

Menyikat gigi di pagi hari sama pentingnya. bila anda menunda tidak menyikat gigi dapat membuat produksi air liur menjadi lambat yang dapat memacu bakteri di mulut untuk berkembang biak lebih cepat.

Pastikan menyikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit dan  30 detik pada setiap kuadran seperti gigi kiri atas, gigi kanan atas, dan sebagainya.

2. Menggunakan kuas yang salah.

Pilihlah sikat gigi bulu lembut yang dapat menyelinap di bawah jaringan gusi yang dapat mengusir semua plak yang terdapat di dalamnya. Dr Hewlett mengungkapkan, jika plak tidak dihilangkan akan meningkatkan resiko terkena penyakit gusi.

“Menyikat gigi secara berlebihan dengan tekanan yang keras dapat menyebabkan gusi menyusut dan membuka permukaan akar gigi atau bagian bawah gigi. Karena permukaan akar tidak keras sehingga dapat membuka lapis gigi (email) yang  menutup bagian dari gigi. Menggosok bagian ini dapat menyebabkan gigi lebih mudah berlubang kecil,” kata Hewlett.

3. Mengikuti teknik yang salah.

Beberapa gerakan menyikat secara lurus tidak akan mendapatkan seperti yang dilakukan. Hewlett menyarankan, posisikan pegangan sikat sehingga bulu sikat membentuk sudut 30 sampai 45 derajat ketika bulu menyentuh jaringan gusi. Putar pergelangan tangan a dalam gerakan melingkar untuk secara efektif menghilangkan plak.

Ketika bergerak menyikat di belakang gigi depan, harus mengubah perangkat secara vertikal untuk lebih menjangkau seluruh gigi. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada bagian belakang mulut karena bagian tersebut biasanya menyembunyikan jumlah plak terbesar.