Find Us On Social Media :

Lima Infeksi yang Kerap Menyerang Lansia

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 23 Mei 2015 | 15:00 WIB

Lima Infeksi yang Kerap Menyerang Lansia

Intisari-Online.com - Usia yang terus bertambah, umumnya membuat fungsi organ dan sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh orang tua lanjut usia (lansia) semakin menurun, sehingga tidak mampu lagi menangkal berbagai penyakit seperti ketika muda dulu. Maka, penting bagi lansia melakukan vaksinasi untuk membentengi diri dari berbagai penyakit khususnya infeksi. Berikut ini adalah lima infeksi yang kerap menyerang orang tua:

Menurut Prof Dr Siti Setiati, SpPd yang juga merupakan Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI)  dalam acara pencanangan Gerakan Vaksinasi Lansia untuk Hidup Sehat dan Bahagia di Jakarta, Kamis (21/5) mengatakan, ada lima jenis infeksi yang kerap menyerang lansia, yakni:

1. Influenza banyak menyerang lansia. Penyakit ini bisa ditularkan melalui udara ketika batk, bersin, dan berbicara. Influenza pada lansia juga dapat memperberat penyakit kronis yang diderita sebelumnya, seperti jantung, diabetes, paru-paru, dan kanker. Ini sangat berkontribusi terhadap angka kematian dan penurunan produktivitas.

2. Infeksi kulit akibat herpes zoster. Herpes Zoster disebabkan oleh virus varicella zoster atau virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Virus kembali bersarang di dalam tubuh dan kemudian bisa muncul kembali sebagai herpes zoster. Virus ini aktif kembali ketika daya tahan tubuh melemah. Orang yang dulu pernah mengalami cacar air juga berisiko mengalami herpes zoster pada usia lanjut. 

3. Infeksi saluran kemih yang biasa terjadi pada lansia yang menderita penyakit diabetes.

4. Infeksi saluran cerna yang muncul akibat helicobacter pylori dan clastridium difficile.

5. Pneumonia atau paru-paru basah menyerang saluran pernapasan, akibatnya kerja paru-paru menjadi lebih berat.