Find Us On Social Media :

12 Alasan Dehidrasi Buruk Bagi Tubuh (2)

By Lintang Bestari, Sabtu, 30 Mei 2015 | 07:00 WIB

12 Alasan Dehidrasi Buruk Bagi Tubuh (2)

Intisari-Online.com - Hanya kehilangan 1,5% air di dalam tubuh, kita bisa dehidrasi. Banyak dampaknya bagi tubuh selain rasa haus. Dehidrasi bisa memberikan masalah kesehatan mulai dari kelelahan hingga kehilangan konsetrasi saat menyetir. Inilah 12 alasan dehidrasi buruk bagi tubuh:

Sebuh studi terbaru yang dipublikasikan pada Phsycology and Behavior

“Ketika dehidrasi, tekanan darah kita turun, detak jantung meningkat, dan aliran darah ke otak berjalan lambat – semua itu bisa membuat kita lelah,” kata Luga Podesta, spesialis kedokteran olahraga di Kerlan-Jobe Orthopaedic Clinic di LA. Kekurangan air pada otot juga membuat pekerjaan sehari-hari terasa lebih berat dan melelahkan.

Alasan lain dehidrasi buruk bagi tubuh kita adalah mempengaruhi mood. Studi kecil yang dipublikasikan pada Journal of Nutrition menguji mood dan konsentrasi pada 25 perempuan yang konsumsi airnya tercukupi dan yang dehidrasi. Perempuan yang dehidrasi dilaporkan mengalami sakit kepala, kehilangan fokus dan mudah marah.

Ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi dehidrasi bisa membuat kita kedinginan. “Hal itu terjadi karena tubuh kita menghalangi aliran darah ke kulit,” kata Dr. Podesta. Sebagai tambahan, air juga mengontrol suhu tubuh. Jadi, ketika dehidrasi, sangat sulit untuk mengatur suhu tubuh yang mana membuat kita kedinginan meskipun tidak berada di lingkungan yang dingin.