Find Us On Social Media :

Benarkah Game Online Dapat Mengontrol Kebiasaan 'Ngemil'?

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 2 Juli 2015 | 18:15 WIB

Benarkah Game Online Dapat Mengontrol Kebiasaan 'Ngemil'?

Intisari-Online.com - Kamu pencinta game online? Atau kamu yang suka ngemil? Jika iya kabar gembira untuk kalian. Sebuah studi kecil dari University of Exeter mengungkapkan, game online dapat membantu beberapa orang yang memiliki kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Lalu benarkah game online dapat mengontrol ngemil? Berikut penjelasannya:

Peserta dilatih otak permainannya untuk memotong kalori dengan mengatakan kepada mereka untuk menghindari menekan gambar-gambar tertentu, seperti biskuit dan cokelat. Dari situ, mereka akan kehilangan sejumlah kecil berat badan dan keinginan untuk lebih sedikit kalori selama enam bulan setelah itu. 10 menit pertandingan dimainkan empat kali dalam satu minggu.

Ada 41 orang dewasa yang terlibat dalam studi ini. Mayoritas kelebihan berat badan dan mereka makan makanan ringan padat kalori, seperti keripik, biskuit, kue dan cokelat, setidaknya tiga kali seminggu.

Selain games online dapat mengontrol ngemil, ternyata juga digunakan untuk melatih otak. Game online, yang dikembangkan oleh psikolog di University of Exeter dan Cardiff University, digunakan untuk pelatihan otak, teknik mengubah perilaku, dan menolak makanan ringan yang tidak sehat. Untuk itu diperlukan menghindari menekan tombol ketika makanan tidak sehat muncul di layar.

Hasilnya dibandingkan dengan kelompok lain dari 41 orang dewasa. WHO menyelesaikan pelatihan yang sama, tetapi melibatkan gambar non-makanan. Hasil penelitian menunjukkan, peserta kehilangan rata-rata £ 1,5 (0.7kg) dan mengkonsumsi sekitar 220 kalori lebih sedikit per hari selama minggu pelatihan.

Dr Natalia Lawrence, dari University of Exeter, yang memimpin penelitian WHO, mengatakan, permainan memiliki kemampuan untuk mengubah perilaku makan beberapa orang, tapi itu masih sangat kecil. Natalia juga menambahkan, jenis pelatihan ini bisa digunakan sebagai salah satu unsur dari penurunan berat badan atau program untuk meningkatkan perilaku makan. (BBC.com)