Find Us On Social Media :

Tujuh Langkah Baik Menjaga Kesehatan Anak

By Monalisa Darwin D, Minggu, 2 Agustus 2015 | 12:00 WIB

Tujuh Langkah Baik Menjaga Kesehatan Anak

Intisari-Online.com - Memang tidak mudah untuk menanamkan kebiasan baik kepada anak-anak, terlebih lagi mengenai pola hidup sehat. Yang paling dasar adalah mengajarkan anak-anak untuk mengonsumsi makanan yang sehat, sayangnya sebagian besar dari mereka menyukai makanan yang berminyak atau junk food yang kemudian berdampak buruk untuk tubuh mereka dalam jangka waktu yang panjang. Sebagai orang tua, tentunya kita harus mengetahui langkah baik untuk menjaga kesehatan anak.

1. Asupan cairan

Tidak hanya air, cairan juga bisa didapatkan dari buah-buahan. Buah atau jus buah yang alami sebaiknya diberikan kepada anak-anak setiap harinya, karena ini dapat mendetoks tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh. Anak-anak juga kerap bermain, sehingga mereka akan sering mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, asupan cairan tidak boleh terlewatkan.

2. Ajak bermain di luar

Anak-anak di zaman sekarang lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain gadget daripada bermain di luar rumah. Padahal, ketika anak-anak bermain di luar, itu akan membuat mereka lebih aktif dan sehat. Jadi, ajaklah mereka untuk bermain di luar rumah atau permainan outdoor.

3. Kenalkan kebiasaan makan sehat

Sejak dini, anak-anak harus mulai diperkenalkan dan diajarkan dengan pola makan sehat agar mereka terbiasa hingga dewasa. Jangan biasakan mereka mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food.

4. Terapkan jam tidur yang teratur

Untuk tetap sehat, anak-anak harus mendapatkan tidur paling tidak delapan jam dalam satu hari. Atur jam tidur dan jam bangun tidur agar menjadi kebiasaan untuk anak-anak atau menjadi rutinitas.

5. Promosikan tentang kebersihan

Kebersihan merupakan peran penting untuk kesehatan anak-anak. Dengan menanamkan kebiasan menyikat gigi dua kali sehari dan rutin mencuci tangan setelah bermain atau sebelum makan, maka anak-anak secara tidak langsung akan peduli dengan kesehatan mereka.

6. Buat mereka menyukai sayur