Find Us On Social Media :

10 Cara untuk Tetap Sehat saat Bekerja dari Rumah

By Moh Habib Asyhad, Senin, 28 September 2015 | 12:30 WIB

10 Cara untuk Tetap Sehat saat Bekerja dari Rumah

Intisari-Online.com - Banyak orang lebih menyukai bekerja dari rumah; tidak ada perjalanan yang melelahkan, kamar mandi VIP, dan kadang lebih santai. Kendati banyak sekali keuntungannya, bekerja dari rumah terkadang juga tidak baik, terlebih buat kesehatan. Meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa mengakali bagaimana cara untuk tetap sehati saat bekerja dari rumah.

Tentu saja, dengan sedikit perubahan pada rutinitas harian kita, bekerja dari rumah akan tetap menyehatkan.

Meja treadmill

Meja ini mungkin mahal, tapi bisa menjadi investasi yang penting untuk kesehatan kita. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Avner Ben-Ner, seorang profesor di Carlson School of Management, University of Minnesota, meja treadmill telah ditemukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. 

Meja berdiri 

Masih tentang meja, ini mungkin sedikit tidak nyaman untuk bekerja sembari berdiri, tetapi penelitian telah menemukan bahwa orang yang menggunakan meja berdiri bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan kanker. Jika itu kurang meyakinkan, ketahuilah, Ernest Hemingway, Charles Dickens, dan Leonardo Da Vinci, menggunakan meja sejenis untuk menghasilkan karya-karya mereka.

Camilan sehat

Hal yang paling sulit untuk dihindari ketika bekerja dari rumah adalah makanan-makanan junk-food ketika stres. Untuk mengatasi ini, cara satu-satunya adalah membersihkan dapur kita dari seluruh makanan jenis ini, kemudian mengisi kulkas dengan makanan lezat nan sehat. Misalnya, buah dengan kadar air tinggi, sayuran yang mudah dipotong dan dimakan, juga-juga makanan-makanan kaya protein lainnya. Pada mulanya memang tampak sulit, tapi jika itu dilakukan dari waktu ke waktu akan tampak terbiasa.

Minum air putih 

Selain membersihkan dapur dari junk-food, persediaan air putih juga sangat penting. Selain menjaga agar tubuh tetap sehat, banyak minum juga membantu mengurangi keinginan untuk ngemil.

Tetap berpakaian 

Berpakaian di pagi hari dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan mental secara keseluruhan. Berpakaian seolah-olah kita sedang berangkat ke kantor bisa memotivasi kita untuk bekerja lebih keras dibanding saat bekerja dengan hanya menggunakan piyama. Ini memang tidak begitu dianjurkan, tapi tetap berpakaian rapi meski bekerja dari rumah adalah bentuk dari dedikasi.