Find Us On Social Media :

Bentuk Payudara Bisa Berubah Sesuai Kondisi Tubuh?

By Ade Sulaeman, Minggu, 25 Oktober 2015 | 16:30 WIB

Bentuk Payudara Bisa Berubah Sesuai Kondisi Tubuh?

Intisari-Online.com - Keduanya ada di dada kita, besar atau kecil, padat atau kendur, tapi kebanyakan dari kita tidak terlalu memperhatikannya. Padahal, kita harus memberi perhatian pada duo "bukit kembar" ini.

Berikut adalah perubahan bentuk yang bisa terjadi pada payudara dan kondisi kesehatan tubuh yang menyebabkannya.

- Ukuran membesar

Jika payudara Anda membesar, biasanya terjadi karena penambahan berat badan. Ini karena payudara sebagian besar terbentuk dari sel lemak. Pembesaran payudara juga bisa disebabkan karena kehamilan, pil KB, atau perubahan hormonal terkait dengan siklus menstruasi.

- Ukurannya menciut

Bila Anda mendapati ukuran payudara Anda menciut, mungkin karena berat badan Anda turun atau kadar estrogen berkurang (akibat pil atau menjelang menopause).

Bila Anda tidak mengetahui penyebab pengecilan payudara (terutama jika diikuti dengan rambut rontok, jerawat, dan tumbuh rambut di muka), pertimbangkan untuk memeriksakan diri apakah mengalami sindrom polisistik ovarium. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak konsumsi kopi.

- Bentuknya berubah

DNA akan memprogram bentuknya, tapi sepanjang waktu bisa mengalami perubahan. Menyusui bayi dan penuaan juga akan mengubah bentuk payudara akibat berkurangnya elastisitas.

- Bergumpal

Sepanjang siklus menstruasi, payudara mungkin agak sedikit berubah, menjadi lebih besar, bahkan bergumpal. Perubahan hormonal memang bisa membuat kista yang jinak terisi cairan. Adanya benjolan menjelang haid juga tidak berbahaya.

- Rasa nyeri