Find Us On Social Media :

Kumpul Bersama Teman Kurangi Risiko Alzheimer

By Ilham Pradipta M., Senin, 14 Desember 2015 | 06:00 WIB

Kumpul Bersama Teman Kurangi Risiko Alzheimer

Intisari-Online.com – Penelitian baru muncul mengenai penyakit alzheimer. Ilmuwan mengatakan berkumpul bersama teman dapat meminimalkan risiko terserang penyakit ini. Hal itu disebabkan karena kita yang aktif dalam menjalin hubungan sosial.

Para ilmuwan menemukan bahwa meminum wine segelas per hari dapat menurunkan risiko terserang penyakit demensia sebanyak 77%. Tapi menurut mereka hal ini bukan dikarenakan efek dari alkohol. Melainkan hubungan sosial yang kita lakukan bersama orang lain.

Demensia sendiri merupakan kelainan yang memicu hilangnya fungsi otak secara bertahap. Seperti berpikir, mengingat, dan penalaran. Biasanya gejala pertama muncul pada usia pertengahan 60 tahun. Sedangkan alzheimer adalah bentuk yang paling umum dari demensia.

“Minum bersama adalah kegiatan sosial, faktor seperti interaksi sosial terbukti menguntungkan untuk orang penderita demensia.” Ujar Dr Doug Brown, Alzheimer’s Society.

Namun para ahli tidak semata-mata mendorong para pasien alzheimer untuk sering mengkonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebih diketahui dapat merusak sel-sel otak kita. Tapi setelah penelitian yang mereka lakukan, mengonsumsi satu gelas wine sehari dapat menurunkan risiko menderita penyakit ini.

Menurut para ilmuwan demensia merupakan penyakit yang progresif dan saat ini tak tersembuhkan. Meskipun ada perawatan untuk mengurangi gejala tersebut. Penyebab dari demensia sebenarnya masih belum dipahami. Ilmuwan percaya bahwa fakor genetik, gaya hidup serta lingkungan dapat memicu penyakit ini. 

(Telegraph.co.uk)