Find Us On Social Media :

Studi: Berjalan Cepat Selama 25 Menit Sehari dapat Menambah Usia Hidup

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 18 Desember 2015 | 12:30 WIB

Studi: Berjalan Cepat Selama 25 Menit Sehari dapat Menambah Usia Hidup

Intisari-Online.com - Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Saarland University di Jerman menemukan bahwa olahraga dapat menunda proses penuaan. Bahkan berjalan cepat selama 25 menit sehari dapat menambah tiga hingga tujuh tahun usia hidup Anda. 

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa latihan aerobik, latihan interval dengan intensitas tinggi, dan semua kekuatan latihan dapat menunda proses penuaan.

Dalam penelitian ini, peneliti meneliti pria dan wanita dengan usia 30 dan 60 tahun, yang tidak pernah melakukan latihan atau olahraga sebelumnya. Selain kurangnya latihan, mereka juga harus dalam kondisi sehat dan tidak merokok.

Para peneliti melacak penanda kunci penuaan pada sampel darah peserta. Hanya dalam enam bulan berolahraga, menunjukkan bahwa DNA sedang memperbaiki dirinya sendiri dan proses penuaan melambat.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa orang-orang yang berusia 70 tahun dapat meningkatkan kesehatan dengan berjalan kaki secara teratur. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mereka yang berusia 70 tahun cenderung kurang baik  mengembangkan atrialfibrillation, yakni masalah irama jantung, namun hal tersebut dapat diatasi, jika mereka mulai berolahraga.

Selain menambah usia, berjalan kaki selama 25 menit sehari juga dapat mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung sebesar 50 persen bagi mereka yang berusia 50 hingga 60 tahun.

Peneliti menyarankan bagi mereka yang memiliki masalah jantung dituntut untuk selalu aktif. Mereka tidak harus berlari, namun bisa juga dengan berjalan cepat. Jadi tunggu apa lagi? Ayo jalan kaki! (Healthmeup)