Find Us On Social Media :

Inilah Dampak dari Tidur yang Berlebihan

By Ilham Pradipta M., Jumat, 25 Desember 2015 | 13:30 WIB

Inilah Dampak dari Tidur yang Berlebihan

Intisari-Online.com - Bagi kita yang biasanya tidur terlalu lama, tampaknya perlu berhati-hati. Aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh itu ternyata juga bisa berdampak buruk. Tentu bila dilakukan dengan waktu yang berlebihan.

Untuk orang dewasa sendiri membutuhkan tujuh hingga sembilan jam setiap malam, agar mendapatkan hasil terbaik. Namun, tidur lebih dari sembilan jam secara teratur, dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa risiko dari tidur yang berlebih:

1. Tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko depresi. Dalam sebuah studi mengatakan orang yang tidur antara tujuh sampai sembilan jam, memiliki kemungkinan 27% untuk terserang depresi. Sedangkan bagi orang yang tidur lebih dari sembilan jam sebesar 49%.

2. Dapat merusak otak. Sebuah studi pada tahun 2012 menemukan bahwa di antara lansia yang tidur lebih dari sembilan jam, fungsi otaknya semakin memburuk. Wanita yang tidur lebih dari sembilan jam, perubahan otak mereka setara dengan penuaan dua tahun.

3. Sulit untuk hamil. Tim peneliti Korea meneliti kebiasaan tidur lebih dari 650 wanita yang menjalani fertilisasi in vitro. Mereka menemukan tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan jam. Hasil terendah pada wanita yang tidur selama sembilan hingga sebelas jam.

5. Meningkatkan risiko diabetes. Peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam, memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terjagkit diabetes tipe 2 selama periode enam tahun.

6. Dapat merusak fungsi jantung. Tidur lebih dari delapan jam sehari dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah jantung. Para peneliti menganalisis data lebih dari 3.000 orang, dan menemukan bahwa tidur pajang memiliki dua kali risiko terserang angina. Lalu, 1,1 kali risiko penyakit arteri koroner.

(Huffingtonpost.com)