Find Us On Social Media :

Benarkah Penyakit Gusi Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

By Ilham Pradipta M., Senin, 28 Desember 2015 | 15:15 WIB

Benarkah Penyakit Gusi Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Intisari-Online.com - Penyakit gusi merupakan salah satu penyakit paling umum di dunia. Penyakit gusi juga memungkinkan untuk meningkatkan risiko kanker payudara di antara wanita menopause. Terutama bagi mereka yang juga merokok.

Wanita dengan penyakit gusi memiliki 14% peningkatan risiko kanker payudara, dibandingkan wanita tanpa penyakit gusi. Menurut peneliti, peningkatan itu akan bertambah menjadi 30% bila disertai dengan mengonsumsi rokok. “Temuan ini berguna untuk memberikan wawasan baru ke dalam apa yang menyebabkan kanker payudara,” ujar Jo Freudenheim, profesor epidemiologi di University at Buffalo’s School of Public Health and Health Professions, New York.

Sebelumnya ia dan rekan-rekannya pernah melakukan penelitian dengan mengumpulkan data hampir 74.000 wanita. Tak satu pun dari para wanita itu memiliki sejarah kanker payudara.Tapi, setelah ditindaklanjuti selama tujuh tahun, lebih dari 2.000 wanita didiagnosis terkena kanker payudara. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang merokok pada masa penelitian, memiliki 32% lebih tinggi untuk terserang kanker payudara jika mereka memiliki penyakit gusi.

Menurut Dr. Stephanie Bernik, chief of surgical oncology at Lenox Hill Hospital in New York City, meskipun ada kemungkinan bahwa terdapat sebuah hubungan langsung antara penyakit gusi dengan peningkatan risiko kanker payudara, tapi studi ini tidak membuktikan secara langsung. Ia juga menambahkan, membutuhkan studi untuk melihat faktor inflamasi, seperti penyakit gusi berkontribusi pada pengembangan kanker payudara. Menurutnya, penyakit gusi pada wanita biasanya disebabkan oleh kehidupan yang kurang sehat. Seperti makanan yang buruk, tidak berolahraga, dan meminum alkohol berlebihan.

(news.health.com)