Find Us On Social Media :

Enam Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

By Ilham Pradipta M., Kamis, 31 Desember 2015 | 09:30 WIB

Enam Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

Intisari-Online.com - Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum tidur? Ternyata hal terakhir yang kita lakukan sebelum tidur, cenderung memiliki dampak yang signifikan pada suasana hati dan tingkat energi kita pada hari berikutnya.

Orang-orang sukses memahami kesuksesan mereka dimulai dan diakhiri dengan kesehatan mental dan fisik. Kedua hal itu hampir tergantung pada waktu tidur yang cukup. Itulah mengapa rutinitas tidur merupakan ritual yang penting bagi mereka. Dan inilah hal-hal yang dilakukan orang sukses sebelum mereka tidur:

1. Membaca. Para ahli sepakat, membaca adalah hal terakhir yang dilakukan orang sukses sebelum tidur. Michael Kerr, an international business speaker dan penulis  You Can’t Be Serious! mengatakan, orang sukses memiliki jadwal yang tidak bisa diganggu-gugat ketika sebelum tidur, yaitu membaca. Beberapa di antara mereka membaca berita. Ada pula yang menikmati novel fiksi dan filsafat kuno.

2. Mereka membuat daftar agenda. Menjernihkan pikiran untuk kualitas tidur yang baik, merupakan hal penting bagi orang-orang sukses. Mereka juga menyisihkan waktu untuk menulis hal-hal apa saja yang akan dilakukan pada esok hari.  Sehingga pikiran-pikiran ini tidak mengganggu tidur mereka di malam hari.

3. Menghabiskan waktu bersama keluarga. Michael Woodward, Ph.D, penulis “The YOU Plan” mengatakan, penting bagi kita untuk menghabiskan waktu bersama istri atau anak kita sebelum pergi tidur. Ini merupakan praktik umum yang dilakukan orang-orang sukses. Kita bisa membicarakan kegiatan yang telah kita lakukan di hari tersebut.

4.  Merenungkan hari tersebut. Banyak orang sukses memberi waktu untuk merenungkan atau menuliskan tiga hal yang mereka rasa baik di hari tersebut. Ini menjaga mereka agar tetap termotivasi untuk waktu mendatang.

5. Bermeditasi. Banyak orang-orang sukses menggunakan 10 menit waktu mereka untuk bermeditasi. Dale Kurow, a New York-based executive coach mengatakan, Meditasi merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi relax.

6. Berhenti bekerja. Orang sukses melakukan apa pun selain bekerja sebelum tidur. Mereka tidak terobsesi untuk memeriksa email mereka. Mereka juga tidak mencoba memikirkan masalah yang terkait dengan pekerjaan.

(Time.com)