Find Us On Social Media :

Demi Selamatkan Penyu, Jepang Membuat 'Turtle Tunnels' Tepat di Bawah Rel Kereta Api

By Ilham Pradipta M., Senin, 7 Desember 2015 | 15:15 WIB

Demi Selamatkan Penyu, Jepang Membuat 'Turtle Tunnels' Tepat di Bawah Rel Kereta Api

Intisari-Online.com – Pernakah terpikir oleh kita untuk membantu seekor binatang yang akan menyeberang jalan dan memiliki risiko untuk tertabrak atau terlindas? Bila iya, kita sudah memberikan sebuah harapan untuk hidup pada binatang itu dan kembali menjalani hari-harinya.

'Pemikiran' itu pula yang ada di benak pemerintah Jepang, khususnya pengelola kereta api. Demi menyelamatkan para penyu, pemerintah Jepang membuat 'Turtle Tunnels' tepat di bawah rel kereta api.Rel kereta memang menjadi semacam jalur alami para penyu yang hendak menuju ke laut lepas. Oya, perlu diingatkan juga bahwa rel yang dilalui para penyu tersebut merupakan rel kereta super cepat Jepang yang terkenal di dunia.Keputusan membuat jalur penyu tersebut didasari pada ditemukannya penyu-penyu yang terlindas kereta api atau sekadar tersangkut di antara rel.Ide pembuatan turtle tunnels ini berasal dari The West Japan Ralway Company dengan menggandeng Suma Aqualife Park. Ketika turtle tunnels itu diterapkan nyaris tidak ada lagi yang nyangkut atau bahkan mati terlindas kereta api. Saat ini penyu-penyu dapat menelusuri lintasan kerepa api dengan aman. Selain itu turtle tunnels ini juga dibuat untuk mempercepat waktu si penyu  menuju laut lepas.

Saat ini setidaknya sudah terlihat sepuluh penyu melintasi turtle tunnels dengan selamat. Ya! Berarti setidaknya sepuluh ekor penyu telah terselamatkan dari bahaya kereta api dan terjebak di lintasan itu. Usaha yang cukup baik bukan? 

(metro.co.uk)