Find Us On Social Media :

Setelah Membaca Ini, Mungkin Kita Tak Akan Pernah Membuang Kantong Silika Lagi

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 30 Desember 2015 | 11:30 WIB

Setelah Membaca Ini, Mungkin Kita Tak Akan Pernah Membuang Kantong Silika Lagi

Intisari-Online.com - Berapa kali kita menemukan kantong silika setiap membeli sesuatu? Lalu, berapa sering kita membuangnya? Atau, berapa kali kita benar-benar berpikir manfaat kantong kecil yang isinya benar-benar tidak beracun ini? Atau, kita tidak benar-benar berpikir dan tahu manfaatnya?

Kantong silika, dikutip dari Metro.co.uk, diisi dengan zat yang disebut dengan silikon dioksida, campuran antara silokon dan oksida. Fungsi utama kantong ini adalah untuk mengeringkan kelembaban di sekitarnya.

Nah, setelah membaca artikel ini, mungkin kita akan berpikir ulang lantas untuk tidak membuang kantong ajaib ini lagi.

* Mengeringkan ponsel yang basah

Ternyata beras bukan satu-satunya cara untuk menyelematkan ponsel yang tercemplung air. Semangkuk bubuk silika ternyata 10 kali lebih efektif dibanding beras.

* Melindungi album kenangan

Menempatkan kantong silika dalam kotak foto akan menyelamatkan foto-foto itu dari kelembaban—kantong silika mampu menyerap uap sehingga mengurangi lembab yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada album foto kita.

* Menjaga alat kosmetik

Taruhlah satu atau dua kantong silika di dalam tas kosmetik, ia bisa menghilangkan bau tak sedap dan jamur yang kerap muncul di sana.

* Mengusir bau tak sedap pada peralatan olahraga

Silika akan menyerap kelembaban pada sepatu olahraga—ini penting karena kita kerap menaruhnya di kotak khusus dan melupakannya dalam waktu yang cukup lama. Kita tahu, bakteri menyukai tempat-tempat yang lembab, seperti di dalam sepatu, dan silika membantu kita mengusir jamur-jamur itu. Olahraga pun tetap nyaman.

* Menjaga kaca depan mobil tetap bersih