Find Us On Social Media :

Selain Panama Papers, Inilah 15 Fakta Menarik dari Panama yang Menjadi Negara Paling Bahagia di Dunia 2014

By Ade Sulaeman, Rabu, 6 April 2016 | 17:00 WIB

Selain Panama Papers, Inilah 15 Fakta Menarik dari Panama yang Menjadi Negara Paling Bahagia di Dunia 2014

Intisari-Online.com - Meski bukan negara yang asing di telinga, kenyataannya nama Panama tidaklah terkenal sebelum skandal Panama Papers mengemuka. Padahal, negara dengan tersebut memiliki beberapa fakta menarik, termasuk pernah mendapat predikat sebagai negara paling bahagia di dunia.

1. Panama adalah satu-satunya tempat di dunia di mana Anda dapat melihat matahari terbit di Pasifik dan ditetapkan pada Atlantik.

2. Panama memegang kendali penuh Terusan Panama pada tahun 1999, yang sebelumnya diurus oleh pasukan AS.

3. Pada jarak paling sempit, Panama hanya memisahkan samudra Atlantik dan Pasifik sejauh 80 km.

4. Panama telah menetapkan rekor multi-dunia di bidang burung dan ikan, karena menaungi lebih banyak burung dari gabungan Amerika Serikat dan Kanada.

5. Panama memiliki satwa liar paling beragam dari semua negara di Amerika Tengah. Ini adalah rumah bagi spesies Amerika Selatan dan Amerika Utara.

6. Panama merupakan rumah bagi lebih dari 10.000 spesies tanaman yang berbeda, termasuk 1.200 varietas anggrek, 678 pakis dan lebih dari 1.500 varietas pohon.

7. Dolar AS adalah mata uang resmi dan digunakan untuk tagihan tapi mata uang nasional mereka tetapkah Balboa.

8. Panama terletak sebelah selatan dari jalur badai, sehingga umumnya tidak terpengaruh oleh badai tropis atau badai lainnya.

9. Panama memiliki populasi terendah di Amerika Tengah. Sekitar 70% dari populasi adalah campuran dari Eropa dan penduduk asli Amerika.

10. Terusan Panama (Panama Canal) dibangun oleh US Army Corps of Engineers antara 1904 dan 1914.

11. Dengan garis pantai sepanjang 5.637 kilometer dan lebih dari 1.518 pulau, Panama memiliki lebih banyak pantai dari yang bisa dibayangkan.