Find Us On Social Media :

Menembus Keganasan Alas Purwo

By Ade Sulaeman, Sabtu, 1 Maret 2014 | 15:00 WIB

Menembus Keganasan Alas Purwo

Intisari-Online.com - Mapala UI kembali mengukir prestasi. Kali ini Mapala UI berhasil melakukan Telusur Taman Nasional Alas Purwo yang merupakan bagian dari perjalanan panjang dalam rangkaian Badan Khusus Pelantikan (BKP) 2013.

Perjalanan panjang ini juga termasuk ke dalam Ekspedisi 50 Taman Nasional di Indonesia, yang dirancang khusus untuk menyambut ulang tahun Mapala UI yang ke-50 di tahun 2014.

Perjalanan dengan tajuk “Blambangan Heritage Expedition” berlangsung mulai tanggal 25 Januari 2014 hingga 8 Februari 2014.

Perjalanan terasa melelahkan karena cuaca yang amat panas. Ketika itu, sudah satu minggu hujan tidak turun di Banyuwangi, dan hal ini menyebabkan keringnya sungai-sungai yang ada dalam wilayah TNAP.

Hiburan kami saat itu hanyalah suara-suara hewan seperti ajag (Cuon alpinus), lutung (Tracypithecus auratus), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), dan hewan-hewan lainnya.

Hari demi hari kami lewati di tengah hutan dan selain hewan-hewan besar, serangga-serangga kecil setia menemani kami dalam perjalanan, alhasil menyebabkan sekujur tubuh gatal dan terasa panas.

Akhirnya, pada hari kelima, tepatnya pada 31 Januari 2014, 15 dari 50 anggota tim tersebut berhasil memasuki zona inti TNAP.

Menurut informasi yang didapat dari Balai TNAP, orang yang terakhir kali memasuki zona inti pada tahun 1999, setelahnya masih belum ada lagi yang berhasil masuk ke sana.

Memasuki zona inti TNAP bertujuan untuk melakukan penelitian berupa survei permukaan arkeologi, karena ada dugaan peninggalan dari Kerajaan Blambangan di zona inti TNAP.

 

Taman Nasional Alas Purwo