Find Us On Social Media :

Melongok Evolusi Samsung Galaxy S dari Masa ke Masa (Bagian Ketiga-habis)

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 28 Februari 2015 | 10:00 WIB

Melongok Evolusi Samsung Galaxy S dari Masa ke Masa (Bagian Ketiga-habis)

Intisari-Online.com - Para penggemar gadget berlomba menebak-nebak rupa dan spesifikasi perangkat yang kabarnya bakal menghadirkan desain baru pada keluarga Galaxy S. Beberapa bocoran menyebutkan desainnya berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Terlepas dari itu, menyimak evolusi Samsung Galaxy S dari masa ke masa, sepertinya menarik sembari menebak-nebak seperti apa spesifikasi Galaxy S generasi selanjutnya.

Seperti disusun oleh KompasTekno, inilah perjalanan evolusi Galaxy S di dunia gadget canggih: 

Galaxy S4

Pada 2013, keluarga Galaxy S diteruskan oleh model generasi keempat dari seri ini, Galaxy S4. Lagi-lagi, ukuran layarnya membesar hingga mencapai 5 inci dengan resolusi full-HD (1920x1080) sehingga menghasilkan tampilan yang terlihat sangat tajam dengan tingkat kepadatan pixel mencapai 441 pixel per inci.

 

Agar ukuran fisiknya tak jauh membengkak, Samsung menipiskan bingkai (bezel) di pinggiran-pinggiran layar agar bisa memuat layar yang lebih lebar.

Galaxy S4 turut menandai debut prosesor "8-core" Exynos 5 Octa yang dibekali 4 core Cortex A15 berkecepatan tinggi (1,6 GHz) dan empat core Cortex A7 hemat daya (1,2 GHz) yang bekerja bergantian tergantung kondisi beban pemrosesan. Chip itu didukung RAM 2 GB, pilihan kapasitas media penyimpanan 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.

Kamera yang pada dua generasi sebelumnya memiliki tingkat resolusi sama kini mengalami upgrade, menjadi 13 megapixel. Demikian juga dengan sistem operasi, di mana Galaxy S4 menjalankan Android 4.2 Jelly Bean. OS ini bisa ditingkatkan menjadi Android 5.0 Lollipop.

Hal lain yang menjadi keunikan Galaxy S4 dibanding ponsel lain pada masanya adalah kemampuannya mengendalikan navigasi tanpa butuh sentuhan langsung pada layar, cukup dengan menggunakan gestur tangan di udara dan gerakan mata.

Selain versi "standar", Galaxy S4 turut hadir dalam beberapa varian lain seperti Galaxy S4 Mini yang berukuran lebih mungil, Galaxy S4 Active yang dibekali kemampuan tahan air, dan Galaxy S4 Zoom yang menitikberatkan fungsi zoom pada kamera.

Galaxy S5

 

Generasi terkini dari seri ponsel Galaxy S adalah Galaxy S5 yang muncul pada awal 2014 lalu. Meski konsep rancangan keseluruhannya relatif tetap sama dengan model-model terdahulu, Samsung menerapkan beberapa perubahan desain seperti sisi punggung yang bermotif bintik-bintik sehingga tak terasa licin dalam genggaman.

Pojokan-pojokan yang dulu membulat dipertegas sehingga mengesankan bentuk yang lebih "kotak" seperti pada model-model awal seri Galaxy S.