Find Us On Social Media :

Indeks Kebahagiaan Berinternet: Produk yang Laku Keras Belum Cukup Membuat Penggunanya Merasa Bahagia

By Ade Sulaeman, Rabu, 30 September 2015 | 16:00 WIB

Indeks Kebahagiaan Berinternet: Produk yang Laku Keras Belum Cukup Membuat Penggunanya Merasa Bahagia

Intisari-Online.com - Sejak Mei hingga Juli 2015 silam, CHIP menggelar sebuah survei “Indeks Kebahagiaan Berinternet” (IKB) untuk mencari tahu apakah seseorang sudah cukup bahagia dengan internet beserta hal-hal pendukungnya di Indonesia. Salah satu kesimpulan yang diperoleh adalah produk yang laku keras belum cukup membuat penggunanya merasa bahagia.

Survei ini diikuti oleh sebanyak 2.446 orang  tanpa ada duplikasi. Artinya setiap orang hanya bisa mengisi satu form yang kami sediakan.

Dalam survei ini, ada tiga kategori yang merujuk pada brand-brand desktop, laptop dan tablet yang paling membuat pengguna merasa bahagia.

Survei ini diikuti oleh sebanyak 64 persen kaum pria dan 36 persen perempuan. Tersebar merata di seluruh Indonesia dengan mayoritas tinggal di pulau Jawa (89 persen). Mereka umumnya berpengeluaran per bulan Rp1,75 – Rp2,5 juta (25 persen), Rp2,5 – Rp4 juta (20 persen), bahkan ada yang berpengeluaran di atas Rp6 juta per bulan (5 persen).

Selain itu umur rata-rata responden di angka 26 tahun. Mereka terdiri dari paling banyak pekerja (negeri/swasta) yaitu sebanyak 32 persen dan mahasiswa (25 persen). 

Seseorang dianggap bahagia jika memenuhi indeks sebesar 70,63 persen. Semakin tinggi indeks-nya semakin ia merasa bahagia. Begitu pula sebaliknya. Adapun hasil survei terhadap brand-brand tersebut adalah sebagai berikut:

Desktop

Ternyata paling banyak pengguna masih menggunakan PC rakitan (41 persen), artinya hardware-nya bisa terdiri dari berbagai jenis brand. Disusul pengguna brand Acer (18 persen), Asus (10 persen), HP (9 persen). Sisanya masih ada brand lain yang di bawah 9 persen.

Soal bahagia, rupanya pemilik PC Rakitan mengaku paling bahagia, mencapai indeks 73,03 persen. Sementara pemilik Acer juga cukup bahagia (72,97 persen), sedangkan pengguna Asus lebih kurang sama bahagianya dengan pemilik Acer (72,78 persen).

Laptop

Jumlah pengguna laptop merk Acer adalah terbanyak dalam survei ini, yaitu mencapai 31 persen, disusul dengan pengguna Asus (26 persen). Lalu berturut tiga besar lainnya; HP (13 persen), Lenovo (12 persen) serta Toshiba (9 persen). Pengguna Macbook hanya 2 persen saja.

Akan tetapi indeks kebahagiaan menunjukkan justru paling bahagia adalah pengguna Macbook yang mencapai indeks 73,15 persen. Pengguna produk HP juga merasa cukup bahagia, indeksnya sebesar 71,76 persen. Diteruskan oleh pemilik laptop merk Toshiba (71,38 persen). Tampaknya soal pengalaman berinternet yang ditawarkan produk Apple itu lebih disukai oleh penggunanya.