Find Us On Social Media :

Mouse Ini Dapat Mengetahui Kondisi Emosi Penggunanya

By Ilham Pradipta M., Kamis, 17 Desember 2015 | 15:15 WIB

Mouse Ini Dapat Mengetahui Kondisi Emosi Penggunanya

Intisari-Online.com – Penelitian baru yang menunjukkan ketika kita marah di depan layar komputer, ternyata tidak hanya mempengaruhi kepala dan pikiran kita saja. Ketidaksabaran pun juga bisa terlihat di tangan kita. Beranjak dari temuan itulah para peneliti menciptakan mouse yang dapat mengetahui emosi penggunanya.

Bagi kita yang akrab dengan komputer terkadang menghadapi beberapa hal menyebalkan. Seperti masalah pada situs web yang lamban ataupun portal pembayaran yang sangat rewel. Kini teknologi yang akan diterbitkan oleh MIS Quarterly dapat mengetahui kondisi emosi seseorang melalui sebuah mouse.

Mouse baru itu akan mendeteksi emosi kita melalui gerakan tangan yang kita lakukan terhadap mouse. Menurut mereka, cara pengguna komputer menggerakkan mouse merupakan ukuran yang cukup jujur untuk merasakan emosi seseorang.

Sebelumnya peneliti memonitor 270 pengguna di seluruh dunia secara real time. Dari penelitian itu para peneliti menemukan bahwa mereka bisa memprediksi emosi negatif seperti frustasi, sedih, takut, dan depresi dengan akurasi lebih dari 80%. Hasil penelitian itu juga menunjukkan ketika seseorang marah mereka akan  menggerakkan kursor mouse dengan cara berbeda.

Jeffrey Jenkins, Asisten Profesor Ilmu Komputer di Universitas Brigham Young mengatakan, temuan ini jauh lebih sederhana dari beberapa teknologi sebelumnya. Seperti teknologi yang mengandalkan sensor, mikrofon, dan kamera untuk mendeteksi perasaan seseorang.

Selain itu ia juga ingin melakukan penelitian sejenis pada perangkat mobile. Ia ingin melacak bagaimana emosi dari pengguna gadget layar sentuh. Hal itu nantinya dapat diketahui lewat sentuhan yang dilakukan oleh pengguna gadget tersebut.

(Time.com)