Find Us On Social Media :

Minum Kopi dan Tidur Siang Selama 20 Menit Dapat Meningkatkan Kewaspadaan Otak

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Rabu, 3 September 2014 | 08:00 WIB

Minum Kopi dan Tidur Siang Selama 20 Menit Dapat Meningkatkan Kewaspadaan Otak

Intisari-Online.com - Studi di Jepang dan Loughborough menemukan minum kopi dan tidur siang selama 20 menit dapat meningkatkan kewaspadaan otak. Rahasianya terletak pada kombinasi kafein dan tidur yang mempengaruhi neuromodulator bernama adenosine.  
Ketika seseorang minum kopi, kafein diserap melalui usus kecil dan masuk dalam aliran darah. Kemudian mengalir ke otak dimana ada molekul adenosin. Adenosine ini berpengaruh pada rasa lelah dan memperlambat sistem saraf.   
Secara alami, tidur akan membersihkan molekul adenosine dari otak. Sedangkan kafein membutuhkan waktu 20 menit untuk memberikan efek. Para peneliti mengklaim tidur siang setelah minum kopi akan mempertinggi dampak kafein pada otak. Pasalnya tidur siang akan mengurangi tingkat adenosin tepat pada waktunya sebelum kafein bekerja. Inilah mengapa minum kopi dan tidur siang selama 20 menit dapat meningkatkan kewaspadaan otak.  
Para peneliti di Loughborough University di Inggris melakukan eksperimen pada sekelompok peserta yang dalam keadaan lelah dan tidur setelah 15 menit. Hasilnya, mereka melakukan paling sedikit kesalahan dalam sebuah simulasi mengemudi dibandingkan mereka yang hanya minum kopi tanpa tidur siang.  
Studi ini juga menunjukkan seseorang harus meminum kopinya dengan cepat agar memiliki cukup waktu untuk tidur sebentar, tidak melebihi 20 menit. Bagi mereka yang tidak dapat cepat jatuh tidur, peneliti mengatakan keadaan 'setengah tidur' juga memberikan efek yang sama.  
Minum kopi dan tidur siang selama 20 menit dapat meningkatkan kewaspadaan otak. Dua hal ini akan jauh lebih baik dibandingkan bila dilakukan dalam waktu terpisah, seperti hanya minum kopi kemudian malam baru tidur.