Find Us On Social Media :

Ayo Keluar dari Kebosanan!

By Jeffrey Satria, Senin, 24 September 2012 | 09:00 WIB

Ayo Keluar dari Kebosanan!

Intisari-Online.com - Bosan dengan pekerjaan Anda? Rutinitas sehari-hari membuat Anda jenuh? Muak dengan pemandangan yang Anda lihat tiap harinya? Ya, pekerjaan rutin bisa jadi membuat Anda setengah gila. Yang jadi masalah, beberapa dari kita tampaknya tak bisa menghadapi kebosanan yang menggunung itu secara baik.

Stop! Hentikan niat Anda untuk mengundurkan diri! Resign dari pekerjaan Anda sekarang bukanlah solusi tepat. Ada banyak cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebosanan, dan membangkitkan semangat Anda kembali.

  1. Kenali diri Anda.

    Jim Fox, seorang atlet hoki es pernah mengulangi ucapan ayahnya yang berkata, “Cintai pekerjaanmu, maka engkau tak akan pernah bekerja selamanya lagi.” Rasanya, ucapan itu ada benarnya. Bila Anda memang tak terbiasa bekerja di balik meja, maka janganlah memaksakan diri untuk melakukannya. Ikuti kata hati Anda, dan lakukan apa yang Anda sukai.

  2. Melancong.

    Apakah jatah cuti Anda masih tersisa banyak? Bila ya, itu pertanda Anda harus menggunakannya. Ambillah jatah cuti secukupnya, lalu pergilah ke tempat-tempat baru. Buatlah petualangan baru, belajarlah hal-hal baru saat liburan. Niscaya, Anda akan merasa segar dan penuh semangat saat harus kembali ke rutinitas.

  3. Capai tingkat karier yang baru.

    Cobalah untuk berpikir di luar kotak. Bila pekerjaan sekarang terasa membosankan, Anda bisa mencoba tingkat yang lebih tinggi. Cobalah untuk memasang target-target baru yang realistis. Cobalah untuk mengejar promosi dan kenaikan jabatan. Posisi baru = tantangan baru. Berani mencoba?

  4. Mencoba sales dan marketing.

    Biasanya pekerjaan sales dan marketing membutuhkan daya jelajah yang tinggi. Dengan kata lain, mereka banyak berpergian dan bertemu dengan banyak orang. Itu artinya mereka menghadapi tantangan baru setiap harinya. Selain mengurangi kebosanan, sales dan marketing bisa menambah pengalaman dan koneksi-koneksi baru. Tak ada salahnya untuk dicoba!

  5. Jangan memulai bisnis berbasis internet.

    Bisnis berbasis internet seperti jual-beli via situs membutuhkan komitmen untuk tetap berada di belakang komputer. Bagi Anda yang kerap mengalami kebosanan karena rutinitas sebaiknya tidak mencoba usaha ini.

Jadi, masih takut dengan serangan bosan di tempat kerja?